Menteri Basuki Ungkap Istimewanya Jembatan Cantik Sei Alalak

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – Wajah Menteri Basuki Hadimuljono cukup gembira ketika melihat hasil dari pembangunan Jembatan Sei Alalak di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jembatan ini akan menjadi Ikon baru dan tempat wisata masyarakat.

Adapun proyek jembatan yang didesain oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini sangat istimewa dimana dibangun dengan kabel stay dan pylon asimetrik.

Basuki menjelaskan jembatan Sei Alalak ini memiliki panjang 850 meter dan bentang 425 meter. Jembatan ini membentang di atas sungai kayu tangi dan menggantikan jembatan sebelumnya yang telah dimakan usia.

Baca juga: Bikin Geger, Ini Penampakan Bambu yang Dipakai PUPR Buat Jalan Tol

Proyek yang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (WIKA) ini memakan dana sebesar Rp278 miliar yang berasal dari anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk yang disiapkan oleh Kementerian Keuangan.

"Sekarang jembatan ini menjadi satu destinasi wisata Kota Banjarmasin, karena instagrameble. Dan menjadi jalan akses menuju Kapuas Kalimatan Tengah," jelas Basuki di Banjarmasin, dikutip Kamis 21 Oktober 2021.
 
Untuk itu, Basuki berharap dengan telah selesainya pembangunan jembatan ini diharapkan hubungan logistik, barang jasa dari Kalsel dan Kalteng semakin lancar dan memberikan kesejahteraan masyarakat.

Jembatan Sei Alalak di Kota Banjarmasin malam hari.

Jembatan Sei Alalak di Kota Banjarmasin malam hari.

Photo :
  • Dok. Kementerian PUPR