Pandemi Terkendali, Jokowi Minta Segera Aktifkan Perdagangan Global

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tak mau lama-lama ingin aktivitas ekonomi atau perdagangan global berjalan pelan. Setelah hampir dua tahun belakangan mengalami perlambatan, Jokowi meminta jajarannya segera cepat bekerja. 

Pasca Putusan MK, Pengamat Nilai Relasi Ini yang Bisa Membuat PDIP Gabung ke Prabowo

Jokowi ingin kerja sama perdagangan, investasi serta transfer teknologi kembali bergeliat dan aktif secara masif. 

“Alhamdulillah kondisi pandemi COVID-19 bisa kita kendalikan dengan baik. Oleh sebab itu kerja sama dan perdagangan global harus segera kita aktifkan,”  kata Jokowi saat membuka secara daring Trade Expo Indonesia Digital Edition di Jakarta, Kamis, 21 Oktober 2021.

Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI

Baca juga: Luhut: Ayo Fokus dalam Pembangunan, Jangan Bicara Perbedaan

Ilustrasi Ekspor Impor/Jasa Logistik.

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Jokowi mengaku sebetulnya sudah menaruh optimis di tahun ini. Dasarnya adalah ekspor Indonesia telah mencapai US$142,02 miliar atau tumbuh 37,77 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya (year on year/yoy). Nilai ekspor itu tercatat selama Januari-Agustus 2021, merujuk data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Peluang tersebut, kata Kepala Negara, harus dimanfaatkan sebesar-besarnya. Kerja sama perdagangan ataupun investasi harus saling menguntungkan. 

“Nilai ekspor Indonesia di tahun ini mencapai puncak,” ucapnya.

Presiden bilang, nilai ekspor yang sudah tinggi, juga harus dibarengi daya saing. Pasar ekspor, sambung Jokowi, masih terbuka lebar. Apalagi sejumlah negara juga sudah mulai merangkak naik dari sisi pertumbuhan ekonomi.

“Kita tetap punya peluang tumbuh lebih tinggi. Karena potensi pasar ekspor masih terbuka lebar, mitra dagang kita juga mulai pulih,” kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya