Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel Milik Haji Isam, Senior Polri Hadir

Presiden Jokowi meresmikan pabrik biodiesel di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan
Sumber :
  • Setpres

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik biodiesel dari perusahaan milik Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam lewat PT Jhonlin Group. Jokowi meresmikan pabrik tersebut yang terletak di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Biodiesel sendiri merupakan bahan bakar alternatif yang berasal dari minyak sawit mentah.

"Hilirasi industrialisasi harus dilakukan dan harus kita paksa untuk dilakukan. Oleh sebab itu, saya sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh PT Jhonlin Group membangun pabrik biodiesel. artinya ini mengindustrialisasikan CPO ke biodiesel," kata Jokowi saat memberikan sambutan di sela-sela acara peresmian, Kamis 21 Oktober 2021. 

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Jokowi bilang Biodiesel dari perusahaan Jhonlin telah menerapkan istilah atau kode B30 atau campuran 30 persen unsur nabati dan sisanya adalah solar. Jokowi sendiri menyebut, Indonesia merupakan salah satu produsen sawit terbesar di dunia. 

Oleh karenanya, hal tersebut harus dimanfaatkan dan dirasakan betul-betul oleh para petani sawit. 

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Dengan potensi yang besar ini kita tidak boleh hanya berhenti di CPO-nya saja, sebagai eksportir CPO. Sudah berkali-kali saya sampaikan jangan sampai kita mengekspor raw material, jangan sampai kita mengekspor bahan mentah," ujarnya. 

Jokowi menyatakan, Jhonlin Group sudah melakukan langkah konkret. Yakni melakukan industrialisasi minyak sawit ke turunan produk lainnya. Karena turunan dari sawit masih banyak bisa diolah untuk industri minyak goreng, kosmetik dan menjadi bahan setengah atau bahan jadi lainnya.

"Sekali lagi saya sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh PT Jhonlin group," ujar Kepala Negara.

Sekadar diketahui, saat peresmian Jokowi ditemani Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir. Saat menyampaikan sambutan, Jokowi sempat menyapa para tamu yang hadir seperti Komisaris Perusahaan Amran Sulaiman yang juga pernah menjabat pertanian. Dan undangan lainnya yang disebut Presiden datang dari kalangan senior kepolisian atau purnawirawan polisi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya