Jokowi Resmikan Jembatan Sei Alalak, Disebut Bertahan 100 Tahun

Presiden Jokowi resmikan Jembatan Sei Alalak
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan Jembatan Sei Alalak yang berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pada saat menyampaikan sambutan sebelum peresmian tombol pengoperasian jembatan itu, Presiden Jokowi menyebut infrastruktur yang dibangun Kementerian PUPR itu dipastikan bakal tahan lama. 

Soal Pertemuan Jokowi-Megawati, Istana: Presiden Terbuka untuk Bersilaturami

“Diperkirakan mampu bertahan Insya Allah sampai 100 tahun,” kata Jokowi saat peresmian, Kamis 21 Oktober 2021. 

Presiden menyatakan, jembatan sepanjang 850 meter ini menelan dana hingga Rp 278 miliar. Dari informasi yang diperoleh, bangunan jembatan sudah tahan gempa dan menggunakan teknologi tinggi. 

Lebaran Hari Kedua, Jokowi Ajak Cucu Main dan Sapa Warga Medan

“Alhamdulillah Jembatan Sei Alalak telah rampung dan hari ini kita resmikan sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat karena saya mendengar bahwa masyarakat sudah tidak sabar lagi menunggu peresmian jembatan ini,” kata Jokowi. 

Jokowi menyampaikan bahwa keberadaan jembatan sangat penting bagi masyarakat kota. Sebab akses akan lebih mudah menuju jalan utama Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan juga Kalimantan Tengah. 

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

Tentu kata Presiden, diharapkan kehadiran jembatan ini bisa lebih menggairahkan ekonomi masyarakat. Selain memperlancar arus transportasi antardaerah maka dengan adanya jembatan ini, biaya logistik pun bisa ditekan.

Jokowi juga menginginkan agar Jembatan Sei Alalak menciptakan sentra ekonomi baru di kawasan tersebut. 

“Setelah diresmikan jembatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangkitkan dan memajukan kegiatan-kegiatan produktif di masyarakat sehingga dampaknya bisa betul-betul dirasakan oleh rakyat kita," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya