Genjot Pemulihan Ekonomi, Airlangga Kebut Vaksinasi Selesai Awal 2022

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Tangkapan Layar/Pras

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, vaksinasi COVID-19 secara masif yang dilakukan merupakan salah satu upaya memulihkan kepercayaan masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi. Pemerintah berkomitmen untuk terus mempercepat proses vaksinasi. 

Diantaranya melalui kerja sama dengan pihak swasta dalam mendorong percepatan program vaksinasi gotong royong. Selain syarat mutlak agar ekonomi Indonesia dapat pulih upaya itu juga mengantisipasi agar tidak terjadi gelombang ketiga COVID-19.

Menurut Airlangga, per 19 Oktober 2021, total dosis vaksinasi yang telah dilakukan di Indonesia telah mencapai 174 juta dosis. sehingga menjadikan Indonesia berada di posisi ke-5 di dunia.

“Diharapkan sudah 80 persen masyarakat sudah divaksinasi pada akhir tahun ini dan dosis kedua bisa diselesaikan pada kuartal pertama tahun depan. Untuk pemulihan ekonomi tetap dilanjutkan pada tahun depan terutama untuk sektor kesehatan dan perlindungan sosial,” ujar Airlangga dikutip dari keterangannya, Kamis, 21 Oktober 2021.

Baca juga: Laba Bersih BTN Tumbuh 35,3% hingga Kuartal III-2021, Ini Pendorongnya

Airlangga menjabarkan, kebijakan dalam penanganan pandemi kini mulai terasa hasilnya. Upaya penguatan dari sisi hulu hingga hilir telah berhasil menekan laju penyebaran virus COVID-19.

Seiring dengan itu, perekonomian juga terjaga dengan baik. Salah satu capaian Pemerintah dalam dua tahun terakhir di bidang ekonomi adalah berhasil menahan kontraksi ekonomi di tahun 2020 yang hanya sebesar -2,07 persen year on year (yoy) dan ini menjadikan Indonesia menempati peringkat ke-4 di antara negara G20.