Menkeu ke Finalis Olimpiade APBN: Kalian Lebih Detail dari Pengamat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Anwar Sadat/VIVA.

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan rasa bangganya terhadap anak-anak SMA peserta Lomba Olimpiade APBN 2021. Terlebih lagi, dia menyanjung para finalisnya.

Tim Hukum Anies-Cak Imin Ajukan Mensos dan Menkeu Jadi Saksi di Sidang Sengketa Pilpres 2024

Menurut Sri, apa yang dipelajari para peserta Olimpiade ini sudah sangat detail. Bahkan, dia menduga pemahaman mereka lebih dalam atau detail ketimbang para pengamat ekonomi.

"Mungkin kalian sekarang jauh lebih detail pengetahuannya dari para pengamat ekonomi kali, karena anda belajar sangat detail sekali," kata dia, Jumat, 22 Oktober 2021.

Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp 72 Triliun hingga 15 Maret 2024

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 22 Oktober 2021: Global dan Antam Terus Naik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantornya.

Photo :
  • instagram @smindrawati
Cdm Indonesia Anindya Bakrie Ingin Pertahankan Tradisi Emas Olimpiade

Menurut Sri, para finalis Olimpiade tersebut sudah bisa menjadi duta-duta APBN yang mampu menjelaskan mengenai proses pengumpulan penerimaan dan belanja negara dengan baik.

"Sangat detail sekali, luar biasa, bagaimana komponen pajak. Jadi sekali-kali kalian seharusnya bersuara di ruang publik, menjelaskan ke masyarakat mengenai APBN," paparnya.

Dia pun berharap, supaya para anak-anak SMA ini juga mampu memanfaatkan media sosial yang dimilikinya untuk menjelaskan mengenai APBN.

"Entah Instagram, FB, Twitter atau apa saja yang kalian miliki coba kalian sedikit nunjukin ilmu kalian dan ikut berbicara di nasional supaya kita bisa dapat bagus," tegas Sri.

Sri menilai terkait proses belanja negara penting untuk bisa dijelaskan para finalis Olimpiade APBN ini, sebab masyarakat perlu tahu siapa yang menikmati APBN.

"Nah kalian bisa menjadi duta-duta yang menjelaskan jadi kita kumpulkan uang ini untuk apa, siapa yang meningkat dan bagaimana kita bisa menggunakannya," tuturnya.

Dengan capaian ini, Sri menilai para finalis ini sudah menjadi ahli. Oleh sebab itu dia meminta supaya mereka bisa terus bersuara mengawal pelaksanaan APBN.

"Kalian udah jadi kayak kamus APBN, luar biasa kalian. Sudah kalian menjadi staf khusus untuk pembicara di Kementerian Keuangan aja itu, hebat," papar Sri.

Adapun para finalis Olimpiade APBN 2021 ini berasal dari MAN Insan Cendikia Batam, SMAN 1 Sleman serta SMAN 1 Pontianak.

"Nah tolong jangan hanya bertarung dalam Olimpiade ini, saya minta anak-anak SMA ini sekarang aktif ikut bicara bener enggak sih pengelolaan APBN," ungkap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya