KCIC: Stasiun Padalarang Kereta Cepat Akan Terintegrasi dengan KAI

Terowongan Walini Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Terowongan Walini Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Dalam fase awal, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan melayani penumpang dengan 4 Stasiun yaitu Stasiun Tegalluar, Padalarang, Karawang dan Halim. Pelayanan KCJB disebut akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa.

Salah satu bentuk integrasi adalah dijadikannya Stasiun Padalarang sebagai stasiun hub yang bersisian dengan jalur eksisting KAI di Padalarang.

Presiden Direktur PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menyatakan, keberadaan stasiun ini dapat meningkatkan konektivitas penumpang dari pusat Kota Bandung dan Cimahi yang akan menggunakan layanan kereta cepat.

“Di Stasiun Hub Padalarang ini akan terjadi konektivitas bagi penumpang KCJB yang ingin langsung melanjutkan perjalanan ke Kota Cimahi dan Bandung dengan KA Feeder yang dilayani oleh PT KAI ” jelas Dwiyana dalam keterangan tertulis, Jumat 22 Oktober 2021.

Proyek Terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Proyek Terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Ia menyebut penambahan Stasiun Hub di Padalarang dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Salah satunya adalah demografi, komersial dan infrastruktur di area Padalarang yang memadai dan untuk menyasar penumpang yang berasal dari Bandung bagian Barat.

“Stasiun KCJB akan berada di sebelah barat stasiun KA Padalarang. Penumpang yang hendak menggunakan layanan Kereta Cepat dari Padalarang atau sebaliknya akan disediakan KA Konektivitas menuju stasiun Cimahi dan Bandung,” jelasnya.