Perubahan Iklim Ancam Masa Depan Anak Muda, Ini Pesan Menteri Siti

Menteri LHK Siti Nurbaya di ASEANYouCAN-AMME.
Sumber :
  • Dok. KLHK

VIVA – Perubahan iklim di dunia telah meningkatkan tingkat ketidakpastian tentang masa depan. Sementara, dampak perubahan iklim telah menjadi lebih kentara dari waktu ke waktu di seluruh dunia. 

5 Negara yang Diramalkan Hilang dari Peta, Ada Tetangga Indonesia

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengatakan planet ini adalah hadiah untuk generasi mendatang, bukan warisan, dan harus dirawat dengan baik. 

Untuk itu, karena satu hal yang jelas, bahwa manusia pada akhirnya akan meninggalkan bumi. Sementara, anak-anak dan kaum muda saat inilah yang kelak melanjutkan untuk merawatnya.

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Baca juga: Bikin Geger, Ini Penampakan Bambu yang Dipakai PUPR Buat Jalan Tol

“Oleh karena itu, kita harus menyiapkan mereka sedini mungkin. Tidak dapat dipungkiri, generasi muda memainkan peran penting sebagai agen perubahan lingkungan dan pendukung garis depan untuk lingkungan yang berkelanjutan,” kata Siti dalam Dialog Generasi Muda untuk Aksi Iklim #ASEANYouCAN-AMME, secara virtual dikutip Minggu, 24 Oktober 2021.

PPLI Pastikan Rutin Lapor Pantauan Lingkungan ke DLH hingga KLHK

Menurut Siti, kini generasi muda menjadi semakin sadar akan tantangan dan risiko yang ditimbulkan oleh perubahan iklim. Namun di sisi lain, anak muda juga semakin mengetahui peluang pembangunan berkelanjutan yang disediakan oleh solusi perubahan iklim.

“Kalian adalah agen perubahan, entrepreneur, dan inovator, baik melalui pendidikan, ilmu pengetahuan atau teknologi, atau bidang lain di luar sana,
Kalian yang hadir di hadapan kita hari ini adalah kontributor, untuk mempercepat aksi iklim," tegas Siti.

Waspada cuaca ekstrem akibat perubahan iklim.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Jojon

Sebelumnya, delegasi pemuda dari Negara Anggota ASEAN telah menyusun “Deklarasi Bandar Seri Begawan tentang Pemuda untuk Aksi Iklim”. Menteri Siti berharap deklarasi ini tidak hanya menjadi tinta di atas kertas, tetapi juga katalis dalam memperkuat aksi iklim kawasan kita.

“Untuk orang-orang muda yang saat ini hadir bersama kami di sini, saya berterima kasih atas kontribusi semangat kalian, dan untuk kita semua, saya berharap semoga kita sukses dalam perjuangan kita melawan perubahan iklim,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Siti menyampaikan apresiasi kepada Brunei Darussalam yang telah menyelenggarakan dialog ini. Ini adalah upaya yang sangat baik untuk menekankan pentingnya partisipasi pemuda dalam membentuk masa depan, masa depan kita, dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya