Intip Cara Pemkab Siak Amankan Gambut dari Kebakaran dan Dapat Cuan

Restorasi lahan gambut.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Asisten 1 Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Budhi Yuwono mengatakan, salah satu masalah yang menjadi perhatian dalam isu perubahan iklim, adalah masalah kebakaran lahan gambut yang kerap terjadi di Indonesia setiap tahun khususnya di Provinsi Riau.

Penanganan Karhutla di Sumsel Efektif, Jumlah Hotspot Terus Berkurang

Budhi menjelaskan, salah satu penyebab kerap terjadinya kebakaran itu adalah karena mengeringnya lahan gambut, yang antara lain disebabkan oleh penanaman kelapa sawit sebagai komoditas ekonomis bagi masyarakat yang memiliki lahan gambut di wilayah tersebut.

Karenanya, pemerintah Kabupaten Siak pun menurutnya juga telah berupaya mendorong sejumlah program kepada masyarakat, untuk tetap menjaga agar lahan gambut bisa tetap basah. Salah satunya yakni dengan melakukan budi daya ikan gabus.

Viral Banyak Ular Gede Hangus Terbakar di Gunung Sindur Bogor

Baca juga: Rupiah Kian Tertekan, Ini Faktor yang Memengaruhinya

Menurutnya, selain sama-sama menguntungkan secara ekonomi, budi daya ikan gabus ini diharapkan juga mampu menjadi alternatif bagi masyarakat untuk tidak hanya fokus pada penanaman kelapa sawit saja sebagai komoditas ekonomi mereka.

PLN IP Gerak Cepat Dukung Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di 3 Provinsi Ini

"Kita melihat bahwa ada ikan gabus yang memang albuminnya bisa bermanfaat bagi pengobatan luka seperti akibat kanker atau tumor," kata Budhi dalam telekonferensi di webinar 'The Road to COP26; A Climate Superpower Indonesia', Senin 25 Oktober 2021.

Budhi menambahkan, sebagai spesies hewan yang hidup di rawa-rawa gambut tersebut, budi daya ikan gabus pun menurutnya juga memiliki potensi ekonomi bagi masyarakat. 

"Jadi kita melihat adanya potensi ekonomi dari ikan gabus ini, yang ternyata mampu menghasilkan albumin dan lain sebagainya," ujarnya.

Pemadaman kebakaran hutan di lahan Gambut

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Di sisi lain, karena ikan gabus ini hidupnya di areal gambut, maka area gambut itupun harus tetap basah supaya ikan gabus ini bisa hidup dan berkembang biak 

Diharapkan masyarakat di sekitar areal gambut itu juga bisa memiliki pemikiran, agar bagaimana mereka bisa melakukan budi daya ikan gabus di lahan gambut mereka. Sehingga, gambutnya terjaga, tetap basah, tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, serta ada pendapatan baru buat masyarakat di sekitar area gambut itu.

"Jadi mereka tidak hanya terfokus menanam sawit saja, tetapi ada potensi pendapatan baru dari sektor budi daya ikan gabus tersebut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya