Kereta Cepat Dinilai Bisa Dorong Ekspansi Bisnis Daerah yang Dilewati

Presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut Pandjaitan tinjau progres kereta cepat
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Akses transportasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung dinilai akan menggenjot ekspansi bisnis pelaku usaha kedua daerah. Bahkan, kawasan penyangga di sekitar daerah itu pun akan terakselerasi perekonomiannya.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Ina Primiana mengatakan, kereta cepat ini akan meningkatkan efisiensi bagi pelaku usaha. Dengan begitu bisnis bisa semakin bergeliat dan memiliki ruang untuk ekspansi.

"Dengan adanya kereta cepat tentu akan meningkat investasi baik di Jakarta maupun Bandung," kata Ina dikutip dari keterangannya, Selasa, 26 Oktober 2021.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Menurut dia salah satu daerah stasiun pemberhentian yang akan diuntungkan adalah Karawang. Hal itu merupakan kabar baik karena diketahui Karawang selama ini menjadi salah satu pusat manufaktur di Tanah Air.

"Orang itu tentu akan investasi di Jawa Barat karena ada fasilitas kawasan industri," ucapnya. 

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

"Makanya yang saya bilang sebelum kereta cepat (jadi) ini Jawa Barat mesti berbenah untuk membangun sejumlah kawasan industri daerah sekitar, sehingga wilayah-wilayah yang dilewati kereta cepat ikut perkembangan," tambahnya.

Baca juga: LRT Jabodebek Tabrakan di Cibubur, Bos PT INKA Minta Maaf ke Luhut

Seperti diketahui, kereta cepat Jakarta-Bandung melintasi empat stasiun, yakni Stasiun Halim di Jakarta, Stasiun Karawang, Stasiun Hub di Padalarang, dan Stasiun Tegalluar, Bandung.

Lebih lanjut menurutnya, dalam jangka panjang, hal ini akan mendorong adanya pemerataan pusat bisnis dari yang selama ini terpusat di Jakarta. Menjadi, menyebar ke daerah-daerah penyangga.

"Jadi makanya perlu ada kawasan ekonomi khusus semisal untuk pariwisata, sehingga ekonominya berdampak langsung bagi masyarakat. Posisi kawasan itu juga harus bisa diperhatikan agar bisa kompetitif jangan sampai justru merugikan," ucapnya.

Proyek Terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Selain itu, menurutnya dengan adanya kereta cepat Jawa Barat juga akan menopang perekonomian nasional.

"Selain itu dengan adanya kereta cepat juga membantu para pelaku bisnis untuk tertarik membangun bisnisnya di tempat lain, khususnya di Jawa Barat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya