Kemendes PDTT Gandeng PLN Pastikan Seluruh Desa Teraliri Listrik 2024

Kerja sama Kemendes PDTT dengan PLN.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemendes PDTT.

VIVA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar terus mendorong peningkatan produktivitas BUMDesa dan BUMDesa Bersama. Salah satunya dengan pemenuhan kebutuhan listrik di seluruh desa. 

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

Hal itu diwujudkan melalui kerja sama antara Kemendes PDTT dengan PT PLN. Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Bersama (MoU) antara kedua pihak pun dilakukan di Bali, Senin, 25 Oktober 2021.

“Kalau listrik masuk ke seluruh desa, mencakup semua rumah tangga di desa, warga desa menikmati manfaatnya, warga akan lebih menghasilkan barang dan jasa,” ujar Abdul Halim Iskandar dikutip dari keterangan resminya, Selasa 26 Oktober 2021.

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim, menjelaskan, pemenuhan kebutuhan listrik di desa akan sangat membantu peningkatan produktivitas BUMDesa dan BUMDesa Bersama. Hal itu dilakukan dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta usaha warga dan kelompok usaha di desa.

“Alhamdulillah PLN siap penuhi 100 persen desa teraliri listrik pada tahun 2024,” terangnya.

Penggunaan SPKLU di Jakarta Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Lebaran

Pada 2019, data dari Kementerian Desa PDTT menunjukkan bahwa ada 1.667 desa atau 2,5 persen desa yang mencakup 258.252 keluarga sama sekali tidak memiliki fasilitas kelistrikan. Sebagian besar tersebar di Papua.

"Ini yang akan dijangkau PLN sampai dengan tahun 2024", kata Gus Halim.

Sejumlah teknisi PLN Adonara, Kabupaten Flores Timur, menancapkan tiang listrik di Desa Waiburak, Adonara Timur, Flores Timur, NTT, Kamis, 8 April 2021.

Photo :
  • ANTARA/Andi Firdaus

Dia berharap, PLN dalam waktu dekat dapat segera meningkatkan dan mendukung ketersediaan listrik perdesaan terutama di daerah Terdepan, Terpencil, dan Terluar (3T). Karena daerah itu menjadi etalase Indonesia di hadapan negara-negara tetangga.

"Maka khusus 3T bisalah di 2023 terang semua", katanya.

Sementara itu Dirut PLN Zulkifli Zaini mengungkapkan, berkomitmen mendukung program-program Kemendes PDTT. Dengan meningkatkan ketersediaan infrastruktur listrik desa dan kebutuhan listrik bagi BUMDes dan BUMDes Bersama.

"Kami berkomitmen untuk membantu pemberdayaan masyarakat perdesaan di seluruh Indonesia," ujar Zulkifli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya