Beli Tiket Kereta Api Wajib Pakai NIK Mulai Hari Ini (26/10)

Penumpang membeli tiket Kereta Api Luar Biasa (KLB).
Penumpang membeli tiket Kereta Api Luar Biasa (KLB).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Mulai hari Selasa (26/10), beli tiket kereta api wajib pakai NIK. Buat kamu pengguna setia Kereta Api Indonesia, wajib mengetahui persyaratan baru yang ditetapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI ini.

Pengguna KAI yang ingin membeli tiket kereta api, terhitung hari Selasa ini, syarat pembelian tiket kereta mewajibkan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi WNI. 

Sementara bagi WNA, wajib menggunakan paspor. Aturan ini berlaku bagi penumpang dewasa maupun anak-anak.

Ketentuan ini bertujuan untuk mengintegrasikan data di aplikasi PeduliLindungi, seperti: status vaksin dan tes skrining (RT-PCR/Rapid Test Antigen) dengan sistem boarding KAI, sehingga perjalananmu naik kereta api akan semakin tenang, nyaman dan aman.

Bagi penumpang yang sudah terdaftar pada program Membership KAI Access serta pelanggan yang memiliki hak tarif reduksi namun data nomor identitas masih belum menggunakan NIK, maka pelanggan tersebut perlu segera melakukan update data akunnya.

Pelanggan yang telah terdaftar pada program membership, namun belum menggunakan NIK sebagai nomor identitas, dapat melakukan update data melalui Customer Service di stasiun atau melalui WhatsApp Contact Center 121 di nomor: 08111-2111-121, mulai 15 Oktober 2021.

Ketentuan Kewajiban Menggunakan NIK Untuk Pembelian Tiket Kereta Api