Kuartal III-2021, Realisasi Investasi Sektor Minerba Baru US$2,7 M

Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin.
Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin.
Sumber :
  • Tangkapan Layar/Pras

VIVA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi investasi di sektor minerba sampai Kuartal III-2021, baru mencapai sekitar US$2,7 miliar.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara, Ridwan Djamaluddin mengakui, realisasi investasi tersebut setara 62,7 persen, dari target yang ditetapkan tahun ini yang mencapai sebesar US$4,3 miliar.

Dia menjelaskan, salah satu penyebab rendahnya realisasi investasi tersebut adalah karena adanya pandemi COVID-19. Yang, berdampak pada berbagai persoalan terkait yang dihadapi oleh para pelaku usaha di sektor tersebut.

"Capaian investasi ini memang tidak sebaik capaian-capaian yang lain, karena memang ada kendala pandemi di satu sisi," kata Ridwan dalam telekonferensi, Selasa 26 Oktober 2021.

Di sisi lain, Ridwan mengatakan bahwa memang ada hal-hal atau masukan konstruktif yang perlu didengarkan oleh pihaknya, guna mendongkrak upaya realisasi investasi di tahun 2021 ini.

"Jadi untuk mengetahui apa nih yang bikin (realisasi investasi minerba) sulit," ujarnya.

Ridwan mengatakan, ada beberapa keluhan dari para pelaku usaha terkait investasi di sektor minerba, yakni soal regulasi yang dinilai masih berbelit-belit. Padahal, Pemerintah telah berupaya menyederhanakan perizinan