Intip Dua Pelabuhan di Lombok Bersolek Sambut Gelaran WSBK Mandalika

Pelabuhan Lembar.
Pelabuhan Lembar.
Sumber :
  • Satria Zulfikar/VIVA.

VIVA – Menjadi tuan rumah pergelaran World Superbike atau WSBK, Lombok, Nusa Tenggara Barat terus berbenah. Dua pelabuhan di Pulau Lombok kini telah sepenuhnya siap menyambut WSBK. 

Pelabuhan Lembar di Lombok Barat dan Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur telah dipersiapkan sejak jauh hari sebelum balapan kejuaraan dunia tersebut digelar.

Kadis Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal, bersama seluruh mitra perhubungan mulai dari Damri, Organda, hingga Pelindo telah bersinergi sukseskan WSBK.

"Kami membahas dan memastikan terkait kesiapan operasional pelabuhan dalam hal simulasi alur keluar masuk orang dan barang dari pelabuhan menuju kawasan Mandalika, lokasi WSBK nantinya," kata Lalu Moh Faozal, Rabu, 27 Oktober 2021.

Kedua pelabuhan telah siap. Mulai dari Pelabuhan Lembar yang menjadi pintu masuk penonton WSBK dan terhubung dengan Padangbai, Bali, Ketapang, serta pelabuhan Kayangan Lombok Timur yang menghubungkan dengan Poto Tano, Sumbawa Barat.

Faozal mengatakan, standar pelayanan dan aspek protokol kesehatan menjadi poin penting. Karena penonton gelaran WSBK Mandalika lebih banyak dari mancanegara.

"Dalam rapat koordinasi kita juga bahas simulasi-simulasi yang dilakukan, karena moda laut nantinya harus terkoneksi dengan moda darat yang sudah diatur koridornya," kata Faozal.