Bos Garuda Indonesia Pastikan Restrukturisasi Perusahaan Dikebut

Pesawat Garuda Indonesia bergambar jarum suntik.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menegaskan terus mengakselerasikan langkah pemulihan kinerjanya saat ini. Salah satunya dilakukan melalui restrukturisasi kewajiban usaha bersama seluruh krediturnya. 

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, hal ini dilakukan untuk memastikan agar national flight carrier ini tetap memberikan layanan kepada masyarakat. Di tengah tekanan kinerja usaha yang dihadapi seluruh pelaku industri penerbangan, langkah restrukturisasi menjadi sebuah opsi yang paling tepat dan relevan dalam menunjang upaya pemulihan kinerja perseroan.

"Langkah restrukturisasi tersebut yang saat ini terus kami perkuat melalui sinergitas BUMN. Salah satunya bersama Pertamina di mana pada akhir tahun 2020 lalu kami berhasil memperoleh kesepakatan perpanjangan waktu pembayaran kewajiban usaha selama tiga tahun dari total outstanding yang tercatat hingga akhir tahun 2020 terhadap Pertamina," kata Irfan dikutip dari keterangan resminya, Kamis, 28 Oktober 2021.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Ia menambahkan, kesepakatan tersebut yang terus kami perkuat melalui diskusi penjajakan restrukturisasi bersama Pertamina untuk kewajiban usaha yang tercatat pada 2021 ini. Dia pun meyakini, langkah yang telah berhasil dijajaki bersama Pertamina maupun berbagai mitra usaha lainnya sejauh ini,  menjadi fondasi fundamental bagi kelangsungan bisnis Garuda di masa depan

Lebih lanjut dia menegaskan, di tengah percepatan langkah restrukturisasi bersama mitra usaha, Garuda Indonesia memastikan bahwa seluruh aspek kegiatan operasional penerbangan akan tetap berlangsung dengan normal.

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Baca juga: Peserta BP Jamsostek Dipermudah Dapat Kredit BTN hingga Rp500 Juta

"Di mana kami berkomitmen untuk senantiasa mengoptimalkan standar layanan penerbangan yang aman dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat, maupun pengangkutan kargo bagi sektor perekonomian nasional," kata Irfan.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pada kesempatan terpisah, Pakar Industri Penerbangan, Hendra Soemanto berharapan untuk ke depannya, Garuda Indonesia sebagai National Flight Carrier harus memposisikan dirinya menjadi sebuah perusahaan penerbangan besar. Serta harus mendominasi pasar domestik dan international.

"Tentunya, dengan itikad baik bersama serta tata kelola manajemen yang mumpuni dan profesional di industri penerbangan komersial dari seluruh jajaran direksi dan insan garuda di dalamnya. Dengan satu tujuan, menjadikan Garuda Indonesia baru sebagai maskapai dengan profit oriented yang dikontrol oleh sebuah holding yang mumpuni kelak," Singkatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya