Separoh Kredit Bank Mengucur di Jakarta

VIVAnews - Data bank Indonesia menunjukkan bahwa bank-bank pemberi kredit di DKI Jakarta masih mendominasi penyaluran kredit nasional. Dari total kredit, sekitar separohnya beredar di Jakarta.

Menurut data BI yang baru saja dipublikasikan, berdasarkan data hingga Januari 2010, dari total kredit nasional Rp 1.397 triliun, yang disalurkan di Jakarta mencapai Rp 690 triliun.

Sedangkan, kredit yang disalurkan ke Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnustra) sebesar Rp 393 triliun. Untuk wilayah Sumatera sebesar Rp 187 triliun, serta Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua (Kalisulampua) paling kecil Rp 126 triliun.

Sedangkan, dari sisi pertumbuhan kredit terlihat kecenderungan recovery dimana pertumbuhan kredit saat ini mencapai separuh dari pertumbuhan kredit sebelum krisis.

Ketiga kelompok daerah di luar Jakarta, memiliki titik pertumbuhan terendah pada periode yang sama yakni triwulan III 2009. Perinciannya adalah Sumatera 11,5 persen, Jabalnustra 12,88 persen, dan Kalisulampua 18,97 persen.

Melewati triwulan III, menurut BI, pertumbuhan kredit di tiga daerah tersebut berangsur-angsur membaik. Mengingat ketiga daerah tersebut banyak menghasilkan komoditas unggulan, bisa diperkirakan pertumbuhan kredit di ketiga daerah tersebut akan membaik sejalan dengan permintaan komoditas dunia.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024