Dongkrak Kinerja UMKM, Gerakan Satu Juta Sertifikasi Halal Digaungkan

Pameran produk halal (Foto ilustrasi).
Pameran produk halal (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Official MIHAS

VIVA – Sebagai salah satu negara muslim terbesar di dunia, sertifikasi halal menjadi salah satu kunci berkembangnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia kedepannya.

Saat ini masih sangat terbatas produk UMKM yang telah mendapatkan sertifikasi halal. Padahal, dengan adanya sertifikat halal, akan mendorong penambahan nilai tambah akan suatu produk UMKM, khususnya di bidang kuliner.

Sementara bagi konsumen, hal itu akan memberikan rasa aman dalam mengonsumsi produk tersebut. Merespons hal tersebut, Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) bersama Bank Indonesia dan BPJPH menginisiasi "Gerakan Satu Juta Sertifikasi Halal Gratis bagi UMKM".

Ketua Umum PPUMI, Munifah Syanwani mengatakan bahwa gerakan ini langkah awal guna mendongkrak kinerja UMKM di Indonesia. 

Baca juga: Mau KPR Rumah Rp500 Juta DP 5% Cicilan Rp2 Jutaan, Ini Caranya

"PPUMI bertugas untuk mengkolaborasikan UMKM. Dari situ kami bergerak untuk bekerja sama dengan Bank Indonesia dan BPJPH mendorong sertifikasi halal bagi UMKM," kata Munifah dalam High Level Policy Discussion (HLPD) yang digelar secara hybrid, di Jakarta, dikutip dari keterangannya, Jumat, 29 Oktober 2021.

Dia mengungkapkan, ribuan UMKM dapat dirangkul dalam workshop sertifikasi halal yang PPUMI hingga saat ini. Mereka pun sudah mendapatkan sertifikasi halal untuk produknya.