Triwulan I, Kredit RI Lesu

VIVAnews - Hingga akhir Maret 2010, Bank Indonesia mencatat pertumbuhan kredit tahunan baru sebesar 11 persen (year on year). Angka ini diakui rendah, tetapi ke depan diyakini terus meningkat.
 
Deputi Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menuturkan, kredit 11 persen itu adalah hal yang wajar di triwulan pertama tahun ini. Tahun-tahun sebelumnya, pada triwulan pertama pertumbuhan kredit juga selalu tercatat rendah.
 
"Angka 11 persen memang belum memuaskan, tapi jangan lupa, itu bukan satu yang khas di tahun 2010," kata Darmin usai konferensi pers di Bank Indonesia, Selasa, 6 April 2010.
 
Sepanjang tahun ini, dia menuturkan, nanti di triwulan dua, tiga, dan empat angkanya akan terus naik.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

Kendati demikian, Darmin menambahkan, melihat pengalaman tahun lalu di mana pemberian kredit tidak berjalan sesuai harapan, Bank Indonesia akan memberikan dorongan agar perbankan lebih bisa mengucurkan kredit.
 
Bank Indonesia percaya bahwa sepanjang permintaan terus bergerak dan tumbuh, perbankan semakin percaya diri dalam menyalurkan kredit. Sebaliknya, pada saat permintaanya lesu, bank sebagai pemberi pinjaman juga akan berhati-hati.
 
Dalam Rapat Dewan Gubernur hari ini disimpulkan bahwa perkembangan ekonomi global dan domestik terus membaik selama triwulan satu 2010. Perbaikan ini terus akan berlanjut sampai ke triwulan berikutnya.
 
Dewan Gubernur yakin, pertumbuhan ekonomi pada 2010, diperkirakan mencapai kisaran 5,5-6 persen. Perkiraan ini lebih tinggi dari asumsi semula yang hanya sebesar 5-5,5 persen.
 
Untuk situasi yang makin baik itu, kata Darmin, Bank Indonesia sedang menyiapkan langkah-langkah, yakni penyelesaian tahap final penerbitan PBI yang akan mengaitkan GWM (giro wajib minimum) dengan LDR (likuid deposit ratio) suatu bank.

Harapannya, dia menambahkan, adalah agar bank bisa lebih menciptakan pertumbuhan kredit sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi.

antique.putra@vivanews.com

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024