Ekonomi Yogyakarta Tumbuh 11,8 Persen, Mendagri Belajar ke Sultan HB X

Mendagri Tito Karnavian
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan HB X di Kantor Gubernur DIY, Senin 1 November 2021. Salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan itu adalah pertumbuhan ekonomi di DIY.

Lebih Rendah dari Vietnam dan Filipina, Ekonomi Indonesia Diramal IMF Tumbuh Cuma 5 Persen

Tito menjabarkan bahwa DIY masuk 3 besar daerah dengan pertumbuhan ekonomi tinggi di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi di DIY di masa pandemi mencapai 11,8 persen. Tito mengaku bertanya langsung apa kiat-kiatnya kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X

"DIY masuk pertumbuhan ekonomi tercepat, rebound kembali 11,8 persen. Jadi saya tadi banyak bertanya kiat-kiat beliau (Sultan HB X) soal pertumbuhan ekonomi," kata Tito.

ADB Proyeksikan Ekonomi Kawasan Asia-Pasifik Tumbuh 4,9 persen pada 2024

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X

Photo :
  • ANTARA/Luqman Hakim

"Pemerintah pusat maupun daerah turut mendorong pemulihan ekonomi. DIY masuk 3 daerah dengan pertumbuhan ekonomi tinggi," imbuh Tito.

Senegal Punya 2 Ibu Negara, BW Walk Out dari Sidang MK

Baca juga: Puluhan Preman Lempari Batu Rumah dan Aniaya Polisi di Medan

Mantan Kapolri ini mengatakan bahwa bertemu dengan Sultan HB ada banyak kiat-kiat membangun pertumbuhan ekonomi yang didapatnya. Kiat-kiat ini dinilai Tito bisa diterapkan di daerah yang lain.

Tito mengungkapkan, banyak daerah yang mengalami defisit perekonomiannya karena pandemi COVID-19. Diantaranya dengan cara mendorong pemulihan ekonomi lewat peningkatan ekspor.

"Banyak kiat yang yang perlu kita share ke kepala daerah lain. Banyak program yang bisa dilaksanakan di daerah yang defisit. Ini pengalaman yang bisa diambil dari pengalaman di Yogyakarta. Bisa menjadi model untuk pemulihan ekonomi," tutur Tito.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya