Tak Putus Asa, Kementerian BUMN Terus Cari Cara Sehatkan Garuda

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II, Kartika Wirjoatmodjo.
Sumber :
  • ANTARA/Adimas Raditya

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengakui terus mengupayakan penyelamatan maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia. Kementerian juga tak putus asa mencari cara keluarkan masalah yang menyekik Garuda.

Jokowi Perintahkan Kementerian/Lembaga Integrasikan dengan INA Digital pada Mei 2024

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pihaknya tak putus asa dan mencari rumusan agar Garuda Indonesia bisa kembali sehat dengan berbagai transformasi bisnis perusahaan.

"Dan memang yang utama kita lakukan transformasi bisnis," kata Kartika dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI dikutip dari Antara, Selasa 9 November 2021.

Kemenkominfo Menyelenggarakan Webinar "Cyberbullying: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menghetikannya"

Baca juga: Serikat Karyawan Buka-bukaan di KPK soal Dugaan Markup Garuda

Kartika mengatakan, Kementerian BUMN memahami bahwa kondisi Garuda Indonesia saat ini disebabkan oleh tata kelola korporasi yang buruk dan tidak efisien di masa lalu sehingga menyebabkan permasalahan keuangan.

PPP Ajukan Gugatan Pada 18 Provinsi ke MK Karena Merasa Suara Hilang di Pemilu 2024

Ia menjelaskan, pemerintah akan mengupayakan penyelamatan Garuda Indonesia, di antaranya yaitu:

1. Efisiensi rute penerbangan.

Fokus awal rute penerbangan adalah mengoptimalkan rute-rute domestik serta mengurangi rute internasional secara signifikan. Garuda akan mengurangi jumlah rute dari 237 rute menjadi hanya 140 rute yang super premium.

2. Pengurangan pesawat

Pesawat Garuda Indonesia dan Citilink akan dikurangi dari 202 pesawat pada 2019 menjadi 134 pesawat pada 2022. Adapun tipe pesawat juga dikurangi dari 13 jenis menjadi hanya 7 jenis untuk menyederhanakan operasional.

3. Negosiasi ulang

Garuda akan melakukan negosiasi ulang kontrak sewa pesawat dengan tujuan untuk menyesuaikan biaya sewa pesawat dengan market rates saat ini.

4. Mendorong kargo
 
Garuda akan mendorong kontribusi pendapatan kargo melalui peningkatan utilisasi belly capacity dan digitalisasi operasional akan terus ditingkatkan.

5. Pelayanan Khusus

Garuda akan meningkatkan kontribusi pendapatan dari fasilitas tambahan melalui produk unbundling, ekspansi produk yang ditawarkan, dan penerapan dynamic pricing strategy.

"Ini akan menjadi tantangan karena akan banyak bandara yang mengalami kelangkaan jumlah penerbangan," ujarnya.

Miniatur Pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia.

Photo :
  • instagram @garuda.indonesia

Untuk itu, Kartika berharap, melalui transformasi bisnis yang akan dijalankan, diharapkan neraca keuangan Garuda Indonesia dapat membaik dengan ekuitas yang positif.

Ia juga menekankan, rencana transformasi bisnis dan restrukturisasi Garuda Indonesia harus mampu menarik pendanaan baru untuk menjalankan kegiatan perseroan.

"Ini yang penting, tanpa persetujuan kreditur maka tidak mungkin pemegang saham bisa bergerak," katanya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya