Pertama di RI, Tommy Soeharto Launching Rest Area 4.0 di Karawang

Tommy Soeharto me-launching Rest Area Modern Sistem Digital 4.0 di Karawang
Sumber :
  • VIVA/Yudha Prasetya

VIVA – Kawasan Industri PT Mandala Pratama Permai bekerja sama dengan PT Bintang Baru Raya (BBR) Logistik, menggelar acara Launching Rest Area Modern Sistem Digital 4.0 untuk truk bernama 'Depo Logistik Terpadu Dawuan'. Depo tersebut berlokasi di tepian Jalan Tol Cikampek, Dawuan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Polisi Sebut Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Kakaknya

Bos PT Mandala Pratama Permai, Tommy Soeharto mengatakan, alasannya meluncurkan Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi ini adalah karena sektor logistik merupakan salah satu sektor yang masih mampu bertahan, dan terus tumbuh positif di masa Pandemi COVID-19.

"Harapannya, sektor logistik bisa menjadi satu sektor tumpuan yang terbukti mampu menyerap tenaga kerja. Sehingga perlu didukung dengan pengembangan penyediaan fasilitas pendukung dan manajemen untuk pengusaha-pengusaha jasa muat kargo," kata Tommy di kawasan Karawang, Jawa Barat, Rabu 10 November 2021.

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

Dengan adanya rest area ini, Tommy memastikan bahwa efisiensi, peningkatan pelayanan, dan kebijakan yang tepat akan bisa berdampak pada peningkatan keuntungan dan kinerja dari perusahaan trucking. Namun, menurutnya hal tersebut baru akan dapat dicapai apabila dilakukan dengan manajemen yang terintegrasi.

"Dan tentunya dengan sistem yang harus secara real time mampu mengakses data perjalanan armada angkutan," ujarnya.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung, Pemudik Diimbau Kooperatif Ikuti Arahan Petugas

Sebagai informasi, BBR Logistik dan PT Mandala Pratama Permai yang tergabung dalam Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi ini, akan menyediakan pul terpadu bagi pengusaha truk dalam menjalankan bisnisnya.

Dalam Rest Area ini akan tersedia tempat istirahat driver, serta training center yang akan selalu melakukan rekrutmen dan pelatihan bagi calon sopir logistik. Nantinya, mereka akan disalurkan ke mitra PT Bintang Baru Raya (BBR) dan PT Global Putra Internasional (GPI).

Selain itu, ada juga fasilitas bengkel multi brand, penyediaan sparepart, food court, dan berbagai pendukung lain. Dengan fasilitas tersebut, para supir diharapkan dapat bekerja dengan mempertimbangkan aspek keselamatan kerja, serta bisa menyiapkan unit kerjanya (truk) sebelum melakukan muat. 

Rest Area ini juga akan dilengkapi dengan sistem IT untuk mengontrol In-Out truk, sehingga dapat terkoneksi dengan pengguna jasa truk untuk melakukan online registrasi sehingga tidak perlu menunggu lama di pabrik. Kawasan Rest Area ini juga akan dilengkapi Security Sistem modern untuk menjamin keamanan. 

Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan dapat memberi nilai lebih pada kawasan industri, karena ditunjang dengan fasilitas dan sarana penting sebagai penunjang alur pendistribusian barang hasil industri maupun bahan baku industri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya