Intip Keunggulan Rest Area Modern 4.0 Milik Tommy Soeharto

Tommy Soeharto dan PT Bintang Baru Raya (BBR) Logistik, meluncurkan Rest Area.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Kawasan Industri PT Mandala Pratama Permai milik Tommy Soeharto menggandeng PT Bintang Baru Raya (BBR) Logistik, meluncurkan rest area Modern Sistem Digital 4.0 untuk truk yang disebut-sebut sebagai rest area berteknologi tinggi pertama di Tanah Air.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Direktur PT Mandala Pratama Permai, Muhammad Saugi menjelaskan, sebagai pengelola kawasan industri tersebut pihaknya optimis jika terminal truk modern terintegrasi ini akan mampu melengkapi sarana yang dibutuhkan oleh sebuah Kawasan Industri.

"Sehingga efisiensi akan lebih mudah dicapai," kata Saugi saat ditemui di lokasi acara peluncuran, kawasan Karawang, Jawa Barat, Rabu 10 November 2021.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Baca juga: Opsi Terberat Ini Bakal Pemerintah Ambil Jika Dana Garuda Tak Cukup

Selain pembenahan fasilitas fisik di dalam kawasan industri yang berlokasi di tepian Jalan Tol Cikampek, Dawuan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat ini, PT Mandala Permai diakui Saugi juga sedang melakukan upaya modernisasi kawasan.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Satu fasilitas yang kini tengah diminati adalah logistik pergudangan (warehouse), yang terintegrasi dengan teknologi informasi. Dengan teknologi informasi, Saugi memastikan fasilitas angkutan akan menjadi lebih efisien dan semakin mampu menjangkau wilayah yang lebih luas.

"Selain itu, PT Mandala Pratama juga sedang melakukan pembangunan pasar induk untuk mendukung logistik pangan, serta pengolahan air untuk keperluan tenant kawasan industri," ujarnya.

Tommy Soeharto me-launching Rest Area Modern Sistem Digital 4.0 di Karawang

Photo :
  • VIVA/Yudha Prasetya

Sebagai informasi, selain menyiapkan fasilitas parkir, rest area ini juga menyediakan warehouse bagi mitra yang tergabung, dan juga memfasilitasi para perusahaan atau pengusaha truk perseorangan yang tergabung dengan Transportasi Management Sistem. 

Secara teknis, Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi akan memberikan order muatan bagi pengusaha truk yang bergabung, dengan menerapkan sistem tagihan secara otomatis berdasarkan data order yang telah dicatat di sistem. Sehingga, supir dapat langsung melihat berapa nilai uang jalan dan pekerjaan yang ditetapkan oleh admin kantor, melalui aplikasi handphone. 

Kemudian, admin kantor akan mendapatkan dokumen tanda terima juga secara elektronik, sehingga bisa membuat tagihan tanpa menunggu mobil kembali.
 
Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi juga akan menerapkan sistem transparansi data, antara lain pengumpulan berbagai macam data kendaraan. Misalnya seperti data maintenance, utilisasi kendaraan, biaya-biaya operasional, laba/rugi per kendaraan, dan metric kendaraan lainnya secara real-time. Sehingga, para pengusaha truk yang bergabung dapat melakukan maintenance dengan tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya