Resmikan Tol Serang Seksi I, Jokowi Pede Genjot Ekonomi Banten

Presiden Jokowi resmikan jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer pagi ini.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Hadir dalam peresmian tersebut antara lain Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, dan pejabat terkait lainnya.

"Dengan mengucap Bismillahirahmannirrahim, Tol Serang-Panimbang Seksi I ruas Serang-Rangkasbitung pagi hari ini saya resmikan," kata Presiden Jokowi di Gerbang Tol Rangkasbitung, Banten, Selasa, 16 November 2021.

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Dalam kesempatan itu Jokowi mengaku lega bahwa jalan Tol Serang-Panimbang seksi I ruas Serang-Rangkasbitung telah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan. Kemudian nanti akan dilanjutkan dengan seksi 2 yaitu Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 kilometer dan Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer.

Baca juga: Anak Menlu Retno Marsudi Resmi Nahkodai Bank Aladin

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"Yang Insya Allah akan dituntaskan di akhir 2023 akan selesai," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, keberadaan Jalan Tol Serang-Panimbang akan memperbaiki jaringan logistik di kawasan itu. Karena memudahkan distribusi barang di wilayah tersebut.

"Artinya barang-barang kita juga akan menjadi terdistribusi lebih baik dan bisa menjadi lebih murah. Artinya infrastruktur ini akan memperbaiki jaringan logistik," ungkapnya.

Selain itu kata Jokowi, jalan tol ini akan menjadi infrastruktur pengungkit pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten. Khususnya untuk Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

“Terutama di sekitar jalan tol ini yaitu Kabupeten Lebak dan Kabupaten Pandeglang,” ungkapnya.

Proyek Jalan Tol Serang-Panimbang di Banten sepanjang 83,6 kilometer yang terdiri dari tiga seksi dibangun oleh PT Wijaya Karya Persero Tbk dan Pemerintah. Jokowi berharap keseluruhan seksi di proyek tol tersebut dapat selesai pada 2023.

Sementara itu Gubernur Banten Wahidin Halim meyakini Tol Serang-Panimbang akan memberi manfaat besar bagi masyarakat Banten. Bahkan ada permintaan dari kepala daerah dan juga masyarakat Banten agar proses pembangunan Tol Serang-Panimbang untuk Seksi III Ruas Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer dipercepat.

"Sehingga harapan masyarakat dapat diwujudkan," ujarnya.

Sebagai informasi, tiga seksi Tol Serang-Panimbang terdiri dari Seksi I Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer dan Seksi II Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,1 kilometer. Kedua seksi ini dibangun konsorsium dengan mayoritas PT Wijaya Karya (Persero). Kemudian, Seksi III Cileles-Panimbang 33 kilometer dibangun oleh Pemerintah. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya