Kadin Bakal Sasar Santri Jadi Pengusaha Masa Depan

Rapat Kadin Ketua Umum dan Dewan Pertimbangan
Rapat Kadin Ketua Umum dan Dewan Pertimbangan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia mengusulkan program kepada Dewan Pengurus Arsjad Rasjid untuk menyasar kalangan pesantren atau santri demi membangun ekonomi Indonesia. Sebab, jumlah santri di Indonesia cukup besar sehingga bisa melanjutkan perjuangan membangun perekonomian bangsa nantinya.

“Banyaknya kaum santri bisa menjadi tulang punggung pengusaha kedepan. Jadi hal-hal seperti ini kami akan fokuskan supaya yang dilakukan di Kadin ada manfaatnya,” kata Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, Anindya Novyan Bakrie di Menara KADIN, Jakarta Selatan pada Selasa, 16 November 2021.

Gagasan menggalang kaum santri ini muncul dari salah satu Anggota Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, Yusuf Mansur. Beliau merupakan pimpinan Pondok Pesantren Darul Qur’an. 

Baca juga: Jawaban Jokowi Ketika Ditanya Waktu Reshuffle Kabinet

Menurut dia, rata-rata alumni pesantren jarang yang mau bekerja sama orang lain. Sehingga, santri lebih memilih menjadi pengusaha.

“Lulusan pesantren hampir tidak ada yang cita-citanya kerja, dari dulu. Pokoknya kalau nyantren itu jadi pengusaha, entah jual cendol atau jualan apa. Itu bagus buat Kadin yang akan datang,” ujarnya.

Sementara Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid sepakat bahwa pesantren akan menjadi pilot project atau sasaran program Kadin lima tahun ke depan. Karena, ia melihat memang ada ketidaksamaan lulusan pesantren atau madrasah dengan SMA.