Harga Minyak Goreng Naik, Kemendag Dukung Asosiasi Kurangi Keuntungan

Ilustrasi minyak goreng
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kementerian Perdagangan mengapresiasi komitmen para pelaku usaha untuk menyediakan minyak goreng kemasan sederhana sebanyak 11 juta liter seharga Rp14.000 per liter, di tengah tren kenaikan minyak goreng saat ini.

Integrasi TikTok Shop-Tokopedia Rampung, Kemendag Pastikan Awasi Ketat Transaksi

Upaya penyediaan tersebut dilakukan produsen minyak goreng yang tergabung dalam Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) dan Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia (AIMMI), yang bekerja sama dengan ritel modern anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO).

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan mengatakan, pemerintah mengapresiasi komitmen produsen yang bersedia mengurangi keuntungan, dalam rangka memberikan minyak goreng terjangkau bagi masyarakat di tengah kenaikan harga minyak sawit mentah sebagai bahan baku minyak goreng.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

"Diharapkan langkah tersebut segera diikuti produsen minyak goreng lainnya, untuk menambah ketersediaan minyak goreng kemasan sederhana di masyarakat saat ini," kata Oke dalam keterangan tertulisnya, Selasa 16 November 2021.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan

Photo :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto
Luhut Jamin Pemerintah Bayar Klaim Rafaksi Minyak Goreng Rp 474,8 Miliar ke Pengusaha

Oke menambahkan, penyediaan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga terjangkau dilakukan minimal hingga menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Penyalurannya telah dimulai pada awal November di AEON Jakarta Garden City (JGC), dan segera akan diikuti oleh ritel modern lainnya.

"Penjualannya dibatasi satu kemasan per orang per hari," ujarnya.

Saat ini, harga CPO Dumai dilaporkan sebesar Rp12.700 per liter atau naik 5,06 persen dibandingkan bulan lalu. Berdasarkan pantauan Kemendag, harga minyak goreng per 12 November 2021 lalu tercatat sebesar Rp16.500 per liter untuk minyak goreng curah, Rp16.800 per liter untuk minyak goreng kemasan sederhana.

"Dan Rp18.300 per liter untuk minyak goreng kemasan premium," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya