5 Fakta Menarik China Lebih Kaya dari AS, Total Kekayaan US$120 T

Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping di China Saat Biden masih Wapres AS
Sumber :
  • ANTARA/China Daily/mii/am

VIVA – Dalam dua dekade terakhir, kekayaan global meningkat tiga kali lipat dari sebelumnya. Dengan China memimpin dan menyalip Amerika Serikat untuk menduduki posisi teratas di seluruh dunia. Hal ini berdasarkan laporan dari Lembaga riset dan konsultasi ekonomi internasional, McKinsey & Co yang sudah meneliti neraca 10 negara yang mewakili 60 persen dari pendapatan dunia.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

Nah, berikut adalah fakta menarik China lebih kaya daru AS yang disadur dari VIVA dan berbagai sumber lain. 

Lantas, Apa Fakta Menarik China Lebih Kaya dari AS?

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

Resep China Menjadi Negara Terkaya di Dunia

Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

Photo :
  • Financial Times
Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Sejak akhir tahun 1970-an, pemerintah China sudah gencar melakukan berbagai upaya guna meningkatkan ekonomi negaranya. Termasuk membuat rencana pusat yang agresif, meongoptimalkkan keunggulan tenaga kerja yang murah, mendevaluasi mata uang, dan mengembangkan sistem pabrik yang kuat guna menaburkan produknya ke seluruh dunia.

Rencana tersebut berhasil. Kini, PDB China diperkirakan US$15,6 triliun tahun 2021, sementara AS sekitar US$23,2 triliun. Selisih kecil ini diprediksi bisa dilampaui hanya dalam waktu kurang dari dua tahun. Sebab, kekayaan China saat ini telah melebihi AS.

Negara Penyumbang PDB Global Tertinggi

Terdapat sepuluh negara yang menyumbang sekitar 60 persen dari PDB global. Negara tersebut terdiri atas Australia, Kanda, China, Prancis, Jerman, Jepang, Meksiko, Amerika Serikat, Swedia, dan Inggris.

Kekayaan China dan AS

Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden.

Photo :
  • Foreign Policy

Sebulan sebelum China bergabung dengan organisasi perdagangan dunia (World Trade Organization) tahun 2000 lalu, kekayaan yang dimiliki oleh Negeri Tirai Bambu ini hanya US$7 triliun saja. Sedangkan saat ini, China berhasil menggenggam satu per tiga kekayaan dunia atau sekitar US$120 triliun.

Sementara itu, Amerika Serikat juga sukses menggandakan kekayaannya pada periode yang sama menjadi US$90 triliun. Dalam dua negara tersebut, lebih dari dua pertiga kekayaannya dipangku oleh 10% rumah tangga yang tajir melintir dan kekayaan mereka akan semakin meningkat.

Kekayaan Bersih Global

Sementara itu, secara global kekayaan dunia sudah mencapai US$514 triliun tahun 2020. Naik tajam dari catatan tahun 2000 yang kala itu hanya mencapai US$156 triliun. Laporan kekayaan tersebiut berasal dari neraca keuangan nasional 10 negara yang mewakili 60 persen kekayaan dunia.

Aset Kekayaan Dunia

Perang Teknologi China dan Amerika Serikat (AS).

Photo :
  • The Telegraph

McKinsey juga mencatat bahwa 60 persen dari kekayaan bersih dunia tersimpan dalam bentuk real estate. Neraca kekayaan negara di dunia memperhitungkan aset fisik mulai dari infrastuktur, mesin, dan juga peralatan.

Selain itu, tercatat pula kekayaan yang tidak berwujud, contohnya adalah kekayaaan intelektual dan paten. Sementara itu, untuk aset keuangan tak dihitung dalam perhitungan global, karena lebih efektif diimbangi dengan kewajiban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya