Unilever Gandeng PNM Dorong Ibu-ibu UMKM Bisnis Berkelanjutan

Ibu-ibu UMKM binaan PNM.
Sumber :
  • Dokumentasi Unilever.

VIVA – PT Unilever Indonesia Tbk menggandeng PT Permodalan Nasional Madani atau PNM mendorong bisnis dengan prinsip berkelanjutan yang dilakukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Kerja sama ini membidik para UMKM binaan PNM yang merupakan nasabah Mekaar.

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Kolaborasi itu dilakukan dalam program sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat yang bertema BUKARSA atau Ibu Sehat, Keluarga Sejahtera. Nasabah PNM Mekaar yang merupakan Ibu-Ibu diedukasi akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan dalam menjalankan usahanya.

Baca juga: Dunia Sudah Keluaran Insentif US$19 Triliun untuk Tangani COVID-19

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

“Kolaborasi ini diharapkan dapat  memberikan dampak yang terukur dan lebih luas pada nasabah PNM Mekaar, melalui edukasi pencegahan penularan dan vaksinasi COVID-19, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), panduan gizi seimbang dan resep masakan bernutrisi, pemilahan sampah, serta higienitas rumah dan toilet,” ujar Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki dikutip dari keterangannya, Jumat, 19 November 2021.

Program ini akan dilakukan di 12 kabupaten yang tersebar di 4 Provinsi di Indonesia. Yaitu, Sukabumi, Bandung, Cianjur, Garut, Ciamis, Siak, Kebumen, Klaten, Semarang, Sampang, Pamekasan, dan Ngawi.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Menurut Head Of Corporate Affairs & Sustainability PT Unilever Indonesia, Tbk Nurdiana Darus, pihaknya meyakini bahwa perempuan memegang peranan penting untuk memastikan bisnis dijalankan dengan prinsip berkelanjutan. Karena itu, program ini diharapkan dapat memberdayakan 500,000 perempuan prasejahtera. 

Logo Unilever.

Photo :
  • Unilever.co.uk

"Kami percaya bahwa perempuan, terutama ibu menjadi tokoh yang berperan penting dalam menjaga kesehatan keluarga serta menjadi agen perubahan di lingkungan mereka. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak yang terukur dan lebih luas atas perubahan perilaku masyarakat. Tentunya pelaksanaan ini didukung penuh oleh rekan-rekan PNM di lapangan," tambahnya.

Terdapat tiga mekanisme yang dilakukan selama pelaksanaan program yaitu training of trainers kepada para pendamping nasabah di lapangan atau dikenal dengan account officer PNM, Sosialisasi kepada kelompok nasabah, serta pengukuran dampak, monitoring dan evaluasi. 

Periode program BUKARSA akan berjalan pada Agustus-Desember 2021. Di samping adanya edukasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kolaborasi PT Unilever Indonesia Tbk dan PNM, di tahun 2021 ini juga meluncurkan pilot program pengelolaan sampah di Kabupaten Bandung.

Saat ini di Kabupaten Cianjur, proses sosialisasi program Bu Karsa telah dilangsungkan di 21 cabang Mekaar PNM. Program ini diharapkan dapat diselesaikan pada akhir tahun 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya