Buat Jembatan Kaca di Atas Jurang 80 M, PUPR Anggarkan Rp15 Miliar

Ilustrasi Jembatan Kaca gantung pertama di Indonesia.
Ilustrasi Jembatan Kaca gantung pertama di Indonesia.
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA – Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mulai melakukan pembangunan jembatan kaca pertama di Indonesia pada tahun ini. Jembatan ikonik ini ditargetkan rampung pada 2022 nanti.

Dikutip dari instagram Instagram @pupr_binamarga, pada Sabtu 20 November 2021, dijelaskan bahwa proyek jembatan kaca dengan pemandangan Gunung Bromo ini akan memakan anggaran hingga Rp15 miliar.

Jembatan kaca ini nantinya akan dibangun langsung oleh Balai Geoteknik, Terowongan dan Struktur Ditjem Bina Marga PUPR. Dengan estimasi pembangunan selama 11 bulan dimulai dari tahun ini.

Baca juga: Di Atas Jurang 80 Meter, PUPR Buat Jembatan Gantung Kaca Pertama RI

Jembatan kaca pertama di Indonesia ini akan di bangun dengan panjang bentang 120 meter, lalu lebar lantai sebesar 1,8 meter dan 3 meter, dan berada di atas jurang kedalaman 80 meter.

Sementara, untuk bahan-bahan konstruksinya, PUPR menyebutkan material kaca yang digunakan buatan lokal yang berlapis SGP atau disebut film interlayer ionik (SentryGlas Plus).

Materaial ini merupakan interlayer berkinerja tinggi yang dikembangkan oleh DuPont. Selain itu, rangka jembatan akan diberi perlindungan double dengan galvanis untuk mencegah korosi.