Menteri Teten: Sirkuit Mandalika Buat UMKM NTB Naik Kelas

Menkop UKM Teten Masduki .
Sumber :
  • Pandawakarta

VIVA – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil-Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki, menyakini dengan adanya event Internasional di Nusa Tenggara Barat (NTB), maka hal itu akan mampu menaikkan kelas UMKM lokal.

442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 2024

Karenanya, Teten menekankan pentingnya menyiapkan ruang promosi yang lebih baik lagi dari yang ada saat ini, bagi produk-produk UMKM di Sirkuit Mandalika tersebut.

"Agar menjadi lebih kuat mempromosikan produk-produk UMKM," kata Teten dalam keterangan tertulisnya, Minggu 21 November 2021.

Kontraktor Proyek Inpres di NTT Tinggalkan Utang Miliaran Rupiah Kabur ke NTB

Oleh karena itu, Teten mengatakan bahwa pendampingan dan kurasi produk, perbaikan branding, serta perbaikan produk menjadi penting. Karena dalam banyak kejadian dan peristiwa, banyak produk UMKM ditemukan di daerah pariwisata dan bisa masuk ke pasar global.

Selain itu, masuknya produk daerah ke level internasional justru dimulai dari hal sederhana, yakni ketika produk UMKM menjadi oleh-oleh atau suvenir dari wisata itu yang membuka akses produk UMKM masuk ke pasar dunia.

Tokoh Adat Sasak Sodorkan Nama Menteri dari NTB ke Prabowo-Gibran

"Kita harus tampilkan produk UMKM yang betul-betul berkualitas, jadi bukan hanya menjadi ruang promosi partisipasi UMKM tapi kita harus seleksi karena yang mau kita kedepankan adalah yang memiliki keunggulan dan daya saing produk," ujar Teten.

Dia menekankan, UMKM harus diarahkan untuk fokus dalam dua hal, yakni kapasitas produksi dan daya saing produk.

"Kita harus menyiapkan produk UMKM kita yang siap bersaing baik dalam negeri maupun luar negeri," ujarnya.

Baca juga: Komplotan Pencuri di Sirkuit Mandalika Ditangkap, 3 Pelaku Wanita

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya