Menko Airlangga: Ekonomi Kuartal IV Harus Dipacu Tumbuh 5,5-6 Persen

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 harus bisa mencapai target di kisaran 4 persen.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Oleh sebab itu, dia menekankan, pada periode akhir tahun ini atau kuartal IV-2021 pertumbuhannya harus bisa di kisaran 5,5-6 persen.

"Kalau kita mau tumbuh di angka 4 persen maka di kuartal IV kita harus pacu 5,5-6 persen," kata dia di acara Economic Outlook 2022, Senin, 22 November 2021.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Ilustrasi target pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Airlangga menekankan, target pertumbuhan ekonomi tidaklah terlalu tinggi, melainkan berpotensi dicapai karena positifnya beberapa indikator acuan.

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Misalnya, dia mengatakan, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia mencetak rekor baru yang berada di posisi 57,2 Oktober 2021.

Di sisi lain, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) katanya sudah di zona optimis, yaitu di level 113,4 pada Oktober 2021.

"Itu dimungkinkan karena beberapa indikator baik itu dari Purchasing Managers’ Index dan Indeks Keyakinan Konsumen itu sudah positif," tutur Airlangga.

Di sisi lain, dia melanjutkan, proyeksi pertumbuhan ekonomi global dari berbagai lembaga internasional juga semakin membaik. 

Diantaranya OECD memperkirakan pada 2021 ekonomi global di level 5,7 persen, IMF 5,9 persen dan World Bank 5,6 persen.

Sementara itu, untuk 2022 diperkirakan OECD tumbuh di level 4,5 persen, IMF 4,9 persen dan World Bank 4,3 persen. Sedangkan Indonesia diperkirakan Airlangga di level 5,2 persen.

"Dan kita perkirakan bahwa di tahun ini kita bisa capai 4 persen maka tahun depan kita optimis bisa memacu di 5,2 persen," ungkap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya