Intip Cara Danone-AQUA Jaga Bisnis dan Keseimbangan Alam

Air Mineral Aqua.
Sumber :
  • VIVA/Zahrotustianah

VIVA – Danone-AQUA kembali menegaskan komitmennya untuk menerapkan praktik bisnis berkelanjutan serta Good Corporate Governance dengan memberikan transparansi dari setiap aspek operasionalnya. 

Ternyata Hoax! AQUA Tidak Masuk Daftar Boikot, Ini Pernyataan BDS

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, menjelaskan Danone-AQUA selalu berupaya untuk membangun model pertumbuhan bisnis yang seimbang, menguntungkan, dan berkelanjutan sehingga menciptakan nilai jangka panjang bagi para pemangku kepentingan. 

Menurut dia, langkah itu sejalan dengan visi Danone secara global, One Planet One Health, sehingga berkomitmen untuk terus mengembangkan berbagai inisiatif keberlanjutan dalam mendukung target pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Pemerintah Indonesia. 

Upaya Mahasiswa Kurangi Sampah Plastik, Kompak Lakukan Ini

Baca juga: Yusril Temui Jokowi di Istana, Akui Cuma Bahas Ibu Kota Baru

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia telah mengintegrasikan 17 tujuan besar dan 169 target dari agenda SDGs ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional pada 2020-2024. 

Warna Alam Pengaruhi Psikologis, Bisa Mengurangi Stres

Dan kata Vera, atas hal itu Danone-AQUA mengembangkan berbagai inisiatif yang menyentuh aspek keberlanjutan alam dengan menjaga sirkularitas di tiga hal yaitu air, energi, dan kemasan.

"Danone aktif mengkampanyekan pola hidup sehat, membangun bisnis model yang memberdayakan komunitas, serta membangun iklim kerja yang inklusif dan memberdayakan karyawan," kata dia dalam keterangannya dikutip Senin 22 November 2021.

Vera menuturkan, untuk memastikan sirkularitas dan keberlanjutan sumber daya air, hingga saat ini Danone–AQUA telah menanam lebih dari 2,5 juta pohon, membangun 1.900 sumur resapan, membangun 81.000 biopori, membangun fasilitas panen hujan, serta mengembangkan 19 Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati). 

Air Mineral Aqua

Photo :
  • VIVA/Zahrotustianah

Selain itu, untuk memitigasi dampak perubahan iklim, Danone-AQUA mengembangkan program untuk mengurangi jejak karbon dengan mendorong penggunaan energi baru terbarukan (EBT) melalui penggunaan PLTS Atap dan melakukan berbagai efisiensi energi di seluruh proses produksinya. 

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Danone-AQUA untuk menjadi perusahaan dengan Emisi Nol atau Netral Karbon dalam seluruh rantai pasok perusahaan pada 2050, serta penggunaan 100 persen energi listrik terbarukan pada 2030. 

Hal ini juga sejalan dengan visi global Danone untuk dapat mengurangi 50 persen jejak karbon hingga 2030, dan zero net carbon pada 2050. Lalu, pada periode 2019-2020, Danone–AQUA telah berhasil mengurangi jejak karbon sebesar 157, 597 ton CO2.

Danone-AQUA juga berupaya untuk terus mengelola sampah kemasan pasca konsumsi serta berperan aktif dalam mendukung target pencapaian pemerintah dalam hal pengelolaan sampah. 

Melalui berbagai inisiatif dan kolaborasi, hingga saat ini Danone-AQUA telah berhasil mengumpulkan lebih dari 13.000 ton plastik setiap tahunnya melalui 6 Recycling Business Unit yang tersebar di Indonesia, bank sampah tingkat kota, serta tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST). 

Lebih dari itu, perusahaan juga terus berinovasi dengan menghasilkan pilihan kemasan produk yang lebih ramah lingkungan. Setelah sebelumnya meluncurkan AQUA Life yang terbuat dari 100 persen plastik daur ulang, tahun pelaporan 2019-2020, Perusahaan juga meluncurkan Produk AQUA kemasan 600 ml yang 100 persen terbuat dari plastik daur ulang untuk area Bali. 

Pandemi COVID-19

Sedangkan, disaat pandemi COVID-19, Danone-AQUA terus memberikan dukungan kepada mereka yang paling terkena dampak, selama kurun waktu 2020, kami menyalurkan Rp30 miliar untuk pembelian alat kesehatan yang didonasikan ke sejumlah rumah sakit di Indonesia. 

Selain itu, Danone juga penuhi kebutuhan hidrasi di berbagai layanan kesehatan serta makanan siap santap bagi para pekerja kesehatan dan paket bahan pokok bagi masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat covid. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya