NTB Expo Pakai Nontunai, Menteri Teten: Digitalisasi Mudahkan UMKM

Menkop UKM Teten Masduki.
Sumber :
  • Satria Zulfikar/VIVA.

VIVA – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyaksikan WorldSBK di Sirkuit Mandalika, kemarin. Dia pun berkesempatan secara langsung melihat pameran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah NTB Expo 2021.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Teten mengaku bangga dan tertarik melihat NTB Expo yang digelar di parkiran Sirkuit Mandalika. Apalagi, transaksi yang dilakukan dengan cara nontunai.

"Digitalisasi adalah salah satu cara bagi pelaku UMKM untuk naik kelas. Transaksi nontunai akan sangat memudahkan pelaku UMKM bertransaksi secara luas," katanya, dikutip, Senin, 22 November 2021.

442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 2024

Teten berharap NTB Expo 2021 tidak hanya mampu menggerakkan roda dan perputaran ekonomi masyarakat. Namun, juga harus menjadi pemicu bagi kebangkitan sektor pariwisata, yang sempat lesu akibat pandemi.

Baca juga: Bos Adaro Pede Ekonomi RI di Jalur yang Benar Jadi Negara Maju

Kontraktor Proyek Inpres di NTT Tinggalkan Utang Miliaran Rupiah Kabur ke NTB

"Kita harus tampilkan produk UMKM yang betul-betul berkualitas, jadi bukan hanya menjadi ruang promosi partisipasi UMKM. Tapi kita harus seleksi karena yang mau kita ke depan kan adalah yang memiliki keunggulan dan daya saing produk," ujarnya.

Untuk Pembayaran nontunai di gelaran NTB Expo 2021 mendapat dukungan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), yang selama ini menjadi mitra UMKM dalam banyak program pemberdayaan ekonomi.

Digitalisasi dan jaringan seluler.

Photo :
  • iferu

Teten berharap para pelaku UMK ke depannya untuk inovatif dan selalu terbuka dengan perkembangan teknologi agar lebih maju. Serta, mampu terus meningkatkan kualitas produknya, sehingga maupun menembus kancah global. 

BRI yang menjadi salah satu pendukung NTB Expo 2021, bersama Provinsi NTB dan PT Solindo Duta Convex, turut memberikan program-program menarik seperti pemberian gift cantik bagi UMKM yang mendukung cashless payment. Kemudian, diskon potongan harga bagi pengguna kartu BRI serta reward untuk UMKM dengan nilai penjualan tertinggi. 

Hal ini sebagai dukungan dari BRI agar roda perekonomian UMKM di Lombok dapat terus berjalan dengan cepat. Dengan adanya support penuh dari BRI, diharapkan nasabah BRI dan juga mitra BRI dapat terus terlayani. Sehingga, mendapatkan banyak keuntungan mulai dari mudahnya bertransaksi hingga banyaknya promo yang ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya