Kemenaker: Pengangguran dari Angkatan Kerja Perempuan Meningkat

Ilustrasi buruh garmen
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Hindun Anisah mengatakan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak pandemi COVID-19, terutama pada sektor pasar tenaga kerja.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

“Hasil survei menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja Indonesia saat ini mengalami pelemahan,” kata Hindun dalam keterangannya, Senin, 22 November 2021.

Dia merilis data sedikitnya 2.228.561 pekerja kehilangan pekerjaan dan tingkat pengangguran meningkat 1,32 persen dibandingkan dengan tahun 2020.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Perempuan, katanya, menjadi salah satu kelompok yang retan terpengaruh pandemi COVID-19. “Kalau kita lihat terjadi penurunan tingkat partisipasi angkatan kerja sebesar 0,07 persen, dan peningkatan tingkat pengangguran sebesar 0,45 persen dari angkatan kerja perempuan di pasar tenaga kerja,” ujarnya.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Hindun Anisah

Photo :
  • IST
Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Menurut Hindun, kondisi penurunan angkatan kerja perempuan tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga melanda hampir seluruh negara Asia Tenggara.

Wanita yang juga merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari, Jepara, itu berharap dalam situasi pandemi sekarang pemerintah bersama dengan stakeholder lainnya ikut bekerja dalam meningkatkan angkatan pekerja, terutama perempuan.

“Saat ini pemerintah terus berupaya untuk bersama-sama mendorong agar terjadi peningkatan jumlah pekerja perempuan yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya