Menko Airlangga Ungkap Peluang Ekonomi Digital RI MasihTerbuka Lebar

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mewakili Presiden Jokowi membuka acara Puncak Indonesia Digital Conference (IDC) yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Dalam kesempatan itu, Airlangga menegaskan, teknologi digital sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari saat ini. Bahkan penggunaannya terus tumbuh dan berkembang.

“Peluang ekonomi digital Indonesia masih terbuka lebar,” kata Airlangga, dikutip Kamis, 25 November 2021.

Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation

Airlangga menjabarkan nilai ekonomi digital Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Tahun ini jumlahnya diprediksi naik 49 persen dari US$47 miliar menjadi US$70 miliar.

Baca juga: Jokowi Sahkan Danareksa Jadi Holding BUMN Lintas Sektor 

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun

Pertumbuhan ini didukung oleh jumlah usia produktif di Indonesia dan penetrasi internet yang mencapai 202,6 juta atau 76,8 persen. Pandemi COVID-19 juga telah mendorong akselerasi adaptasi teknologi digital pada berbagai lini. 

Ketua Panitia Pelaksana IDC 2021, Machroni Kusuma mengatakan, IDC tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Kegiatan akbar IDC AMSI tahun ini diawali dengan Road to IDC 2021 mulai 15 hingga 18 November lalu di delapan provinsi (Sumsel, Kaltim, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, Sulsel dan Sulut), dan puncaknya IDC 2021 dilaksanakan 24-25 November.

“Di Puncak IDC 2021, para pemimpin pengambil keputusan, praktisi dan profesional mengutarakan insight atau pandangannya bagaimana Lompatan Digital: Akselerasi dan Inovasinya di 2022,” kata Roni yang juga Founder Beritaindonesia.link.

Sementara itu, Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan, teknologi digital tumbuh dengan cepat di Indonesia. Hal yang perlu didorong adalah kolaborasi dari semua pihak untuk memaksimalkan semua potensi baik di pusat maupun di daerah.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut.

Photo :
  • Dokumentasi AMSI.

“IDC 2021 ini bertujuan merekam seberapa cepat kita berlari dan bagaimana peluang kita untuk berkolaborasi. Meringkas sesuatu menjadi begitu efektif, powerfull dan efisien,” kata Wens.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari sejumlah pihak seperti Google, PT BNI (Persero) Tbk, Astra, Bank Raya, PT PLN (Persero), Pertamina, Bank BJB, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Bali, Bank Jatim, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Bali Mall, Kedai Tiga Nyonya Palembang, Bankaltimtara dan MS Glow.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya