Pandemi Mereda, Pergerakan Penumpang di Bandara Komodo Mulai Meningkat

Penumpang pesawat di Bandara Komodo.
Penumpang pesawat di Bandara Komodo.
Sumber :
  • VIVA/Raden Jihad Akbar

VIVA – Pergerakan penumpang di Bandara Komodo Labuan Bajo mulai pulih saat ini, setelah pada tahun lalu melorot dihantam pandemi COVID-19. Hingga Oktober 2021 tercatat sudah mencapai 272.052 penumpang.

Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Komodo Hariyanto mengungkapkan, pergerakan penumpang pada 2020 menurun drastis. Dari 347.510 penumpang pada 2019 sebelum pandemi, menjadi 168.606 selama 2020. 

"Sangat terasa sekali di 2020 ada penurunan yang sangat drastis karena pandemi," ujar Haryanto di Bandara Labuan Bajo, NTT, Kamis, 25 November 2021. 

Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Komodo, Hariyanto.
Photo :
  • VIVA/Raden Jihad Akbar

Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Komodo, Hariyanto.

Dia menjabarkan, peningkatan pergerakan penumpang terbanyak pada tahun ini terjadi pada Oktober lalu. Dengan mencatat sebanyak 22.516 penumpang. Sementara itu, yang terendah pada Agustus lalu sebanyak 4.801 penumpang. 

Lebih lanjut, dia optimistis, pergerakan penumpang pesawat di bandara daerah destinasi pariwisata super prioritas tersebut akan terus meningkat ke depannya. Seiring dengan pelonggaran aturan perjalanan yag diterapkan Pemerintah. 

"Yang penting kebijakan tidak berubah-ubah. Kalau saya optimis kalau dengan persyaratan pakai antigen saja kita bisa optimis kita juga bisa mencapai target untuk tahun ini," ungkapnya.