Percepat Transisi Energi RI, Luhut: Perancis Bantu 520 Juta Euro

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • Kemenko Marves

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, mendukung penuh penandatangan Letter of Intent (LoI) antara Perancis dan Indonesia, terkait kerja sama percepatan transisi energi di Tanah Air.

Luhut menjelaskan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemitraan dan implementasi, dalam berbagai program strategis pada sektor energi di Indonesia.

"Kerja sama antarkedua negara ini penting, bukan hanya di sektor energi, namun juga sektor ekonomi, kesehatan, industri IT, pertahanan, kemaritiman, dan lingkungan," kata Luhut dalam keterangan tertulisnya, Kamis 25 November 2021.

Baca juga: Teken MoU, Kini Buka Rekening BSI Bisa dari Aplikasi LinkAja

LoI ini antara lain memuat beberapa hal, antara lain skema pinjaman konsesi pengembangan kebijakan 'Sustainable and Inclusive Energy Programme', pinjaman konsesi kepada PLN untuk proyek transmisi dan distribusi, dan hibah untuk tenaga ahli dan studi kelayakan.

"Termasuk kredit kepada bank milik negara untuk proyek pembangkit listrik tenaga mini hidro dan energi terbarukan lainnya," ujarnya.

Menanggapinya, Menlu Perancis, Jean-Yves Le Drian, menyatakan kesiapannya dalam hal penanaman investasi terutama di bidang kesehatan dan energi terbarukan.