Libur Nataru Berlaku PPKM Level 3, Cek Bocoran Teknis dari Kemenhub

Angkutan kereta Nataru 2020.
Angkutan kereta Nataru 2020.
Sumber :
  • Putra Nasution/VIVA.

VIVA – Kementerian Perhubungan dikabarkan akan segera menggelar rapat koordinasi bersama para Kementerian dan para stakeholder terkait lainnya, guna membahas kebijakan teknis PPKM Level 3 selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengaku, sampai saat ini belum ada keputusan final terkait kebijakan teknis yang bakal diberlakukan, guna mengatur perjalanan masyarakat selama periode Nataru.

Dia memastikan, sampai saat ini beleid terkait hal itu baru diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam bentuk Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Baca juga: Sisa 2 Bulan, Penerimaan Pajak 2021 Baru Terkumpul 77,6 Persen

"Jadi masih akan ada rapat (soal PPKM) lagi besok. Nah, mudah-mudahan besok itu sudah akan ada keputusan," kata Budi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis 25 November 2021.

Budi menjelaskan, keputusan mengenai teknis pembatasan mudik itu nantinya akan diatur dalam Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19. Nantinya, setelah beleid dari Satgas COVID-19 itu terbit, baru giliran Kemenhub yang akan menyusun peraturan pergerakan masyarakat secara teknis.

Libur Nataru di Sumut, jumlah penumpang KAI turun drastis
Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Libur Nataru di Sumut, jumlah penumpang KAI turun drastis