Sri Mulyani Buatkan Rusunara di Papua Khusus untuk ASN Kemenkeu

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr.

VIVA – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jayapura, Papua, mendapatkan rumah susun negara (Rusunara) Kementerian Keuangan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Rusunara ini dibangun di atas tanah seluas 5000 m2 dan terdiri dari 174 unit dengan dilengkapi mebel yang sudah komplit. Para ASN tinggal membawa baju saja menempati Rusunara tersebut.

Adapun standar Rusunara tersebut serupa dengan yang ada di Wisma Atlet Kemayoran. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku penggarap proyek menjamin hal ini.

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Anggaran membangun Rusunawa yang memiliki satu tower dengan tiga lantai ini akan memakan anggaran sebanyak Rp25,5 miliar. Ini ditambah dengan biaya mebel Rp1,3 miliar.

"Pagi ini kita groundbreaking dari program pembangunan hunian bersama dari pegawai Kementerian Keuangan di Jayapura ini," kata Sri saat meresmikan pembangunannya, Jumat, 26 November 2021.

Hari Pertama Masuk Usai Cuti Lebaran, Wali Kota Depok Sebut Kehadiran ASN Capai 90 Persen

Ilustrasi ASN.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sri mengatakan, tujuan pembangunan Rusunara ini adalah untuk memberikan dukungan hak tempat tinggal yang manusiawi bagi para ASN yang ditugaskan di berbagai tempat.

"Kemenkeu harus melakukan langkah agar jajaran Kemenkeu yang ditugaskan di daerah yang memiliki keterbatasan itu dan jauh dari home base mereka diberikan dukungan yang manusiawi," ucap dia.

Dengan demikian, Sri menekankan, fasilitas ini bisa meminimalisir anggapan bahwa ASN yang ditugasi di daerah-daerah luar Jawa sebagai hukuman. Sebab, itu menurutnya semata sebagai tugas negara.

"Karena tidak ada, yang di sini tugas, tanggung jawab, tidak ada hukuman. Kewajiban yang harus ditunaikan. Oleh karena itu, peran negara dalam hal ini institusi Kemenkeu harus bisa dukungnya secara penuh," tuturnya.

Sri menjamin, konsep dari penyerahan Rusunara ini tidak diberi label eselon I khusus, misalnya Direktorat Jenderal Pajak atau Bea Cukai. Melainkan, Rusunara ini untuk difungsikan semua ASN Kemenkeu.

"Itu simbolis dan menunjukkan spirit kita untuk bekerja bersama antar semua unit di Kemenerian Keuangan dan tentu teman-teman merasa lebih banyak saudaranya dan lebih meringankan secara mental," ucap Sri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya