Harga Emas Hari Ini 26 November 2021: Global dan Antam Naik

Emas batangan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

VIVA – Harga emas internasional dibuka naik pada perdagangan Jumat pagi. Hal itu karena meningkatnya taruhan investor terhadap laju pengurangan stimulus dan naiknya suku bunga lebih cepat oleh Federal Reserve.

Ketua PSI Gubeng Terekam CCTV Cabuli Gadis, Australia Desak Warganya Tinggalkan Israel

Dilansir dari Economic Times, pada Jumat 26 November 2021, harge emas di pasar spot naik sebesar 0,2 persen ke level US$1.792,62 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS naik sebesar 0,5 persen ke level US$1.793,90 per ons.

Meski ada kenaikan, namun emas telah turun lebih dari 2,8 persen minggu ini, menuju minggu terburuk sejak 18 Juni.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Baca juga: Putusan MK Soal UU Cipta Kerja Buat Rupiah Kian Tertekan

Kemudian, indeks dolar stabil tetapi tidak jauh dari puncaknya pada 16 bulan terakhir. Dolar yang lebih kuat membuat emas batangan lebih mahal bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya.

Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Harga Emas dan Minyak Mentah Terbang

Diketahui pula, The Fed kemungkinan akan menggandakan laju pengurangan pembelian obligasi bulanannya mulai Januari menjadi US$30 miliar, dan mengurangi skema pembelian obligasi era pandemi pada pertengahan Maret.

Pengurangan stimulus dan kenaikan suku bunga cenderung mendorong imbal hasil obligasi pemerintah naik, meningkatkan biaya peluang emas, yang akhirnya tidak menghasilkan bunga.

Emas Domestik

Petugas menunjukkan imitasi emas logam mulia produk PT Aneka Tambang (Antam) yang dipamerkan di gerai Antam.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini dibanderol seharga Rp930 ribu per gram. Harga tersebut tercatat naik Rp1.000 per gram bila dibandingkan dengan perdagangan kemarin.  

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam ditetapkan Rp826 ribu per gram. Harga itu juga naik Rp1.000 per gram dibanding perdagangan kemarin. 

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 25 November 2021: Global Naik, Antam Stagnan
       
Adapun harga emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp4,42 juta, 10 gram Rp8,79 juta, 25 gram Rp21,86 juta, dan 50 gram Rp43,64 juta.  

Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp87,21 juta, 250 gram Rp217,76 juta dan emas 500 gram Rp435,32 juta.       

Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp515 ribu dan 1.000 gram senilai Rp870,6 juta.       

Untuk diketahui, harga penjualan emas batangan Antam ini belum termasuk pajak. Pada hari ini, untuk semua ukuran emas tersedia di butik logam mulia Antam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya