Jadi Tuan Rumah KTT G20, Luhut Ingin Peningkatan Peran Indonesia

Menko Marves, Luhut Pandjaitan.
Menko Marves, Luhut Pandjaitan.
Sumber :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko Marves Luhut Pandjaitan menginginkan adanya peningkatan peran Indonesia secara regional dan global melalui Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Luhut menyebut G20 bukan saja menjadi ajang showcase atau unjuk kemajuan sosial ekonomi Indonesia, tetapi juga menjadi ajang pengenalan budaya Nusantara kepada dunia.

"Dalam pandangan saya, Indonesia sebagai negara tuan rumah G20 menyiratkan bahwa kita ingin meningkatkan pengakuan, pengaruh, dan kekuatan secara global, tapi di sisi lain mereka (negara mitra) juga menunggu peningkatan peran regional dan global kita," kata Luhut dalam keterangan tertulis dikutip dari Antara, Sabtu 27 November 2021.

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini 27 November 2021 Turun Tipis

Luhut mengatakan dengan menjadi negara tuan rumah dalam Presidensi G20 pada 2022 nanti, maka Indonesia dapat memainkan peran penting dalam pemulihan pascapandemi COVID-19.

"Kita harus memanfaatkan momentum untuk membuka potensi Indonesia dan mempromosikan kemajuan pembangunan kita ke dunia," katanya.

Adapun, beberapa hal yang akan menjadi fokus pemerintah Indonesia saat ini mencakup sektor yang terdampak pandemi Covid-19, seperti sektor pariwisata dan usaha mikro-kecil-menengah (UMKM).