Jepang Beli Cangkang Sawit RI US$12 Juta Per Tahun, Untuk Apa?

Buruh memuat tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di areal perkebunan sawit
Buruh memuat tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di areal perkebunan sawit
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jojon

VIVA – Pelaku usaha industri biomassa Jepang bakal membeli cangkang sawit asal Indonesia senilai US$12 juta per tahun. Pembelian ini dilakukan untuk mendukung bauran energi terbarukan di negara tersebut.

Potensi transaksi ekspor ini hasil fasilitasi Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Japan External Trade Organization (JETRO) Jakarta dan Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit (APCASI).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mengatakan, komitmen pembelian ini akan terus dapat menjaga surplus perdagangan Indonesia ke depannya.

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini 27 November 2021 Turun Tipis

"Komoditas berpotensi ekspor dengan permintaan dan nilai jual yang tinggi di pasar global, salah satu komoditas tersebut adalah cangkang kelapa sawit,” kata dia Sabtu, 27 November 2021.

Dia mengatakan, Jepang saat ini merupakan pasar terbesar bagi cangkang sawit dan diperkirakan akan terus menjadi pasar utama untuk komoditas tersebut. Ini didukung kebijakan energi Jepang yang menetapkan 24 persen pemenuhan energi di Jepang pada 2030 harus berasal dari energi baru dan terbarukan.

Sebelumnya, Pada April 2021 Jepang telah menerima pengiriman cangkang sawit oleh PT International Green Energy sebanyak 10 ribu ton dan PT Prima Khatulistiwa Sinergi sebanyak 11 ribu ton pada awal November 2021.