Pertamina Temukan Cadangan Minyak 20 Juta Barel di Kepulauan Seribu

Pertamina temukan cadangan migas di Blok Offshore Southeast Sumatra.
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – PT Pertamina Hulu Energi melalui anak usahanya Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES) kembali menemukan cadangan baru minyak bumi. Kali ini di Lapangan Krisna, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Budiman Parhusip dalam konvensi migas di Badung, Bali, Selasa 30 November 2021. Dia mengatakan, penemuan cadangan baru itu hasil dari kegiatan eksplorasi permukaan yang ada di Blok OSES.

"Kami ada exploration finding di Lapangan Krisna, yaitu interfield yang ada di OSES," ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Budiman Parhusip dalam konvensi minyak dan gas bumi di Badung, Bali, Selasa 30 November 2021.

Photo :
  • Antara

Dijelaskan Budiman, pihaknya saat ini tengah melakukan penghitungan data dari hasil temuan tersebut untuk kemudian dibangun fasilitas eksisting guna menambah cadangan dan produksi Pertamina.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Temuan baru minyak di Lapangan Krisna itu sebesar 2.000 barel per hari (BOPD) dan memiliki cadangan sebesar 20 juta barel. Dia pun berharap temuan baru minyak di Lapangan Krisna bisa mendukung target produksi nasional 1 juta barel minyak dan 12 miliar standar kaki kubik per hari pada 2030.

Pada September 2018, Pertamina Hulu Energi resmi mengelola Blok OSES setelah alih kelola dari perusahaan asal China bernama CNOOC SES Ltd. Lama kontrak pengelolaan Blok OSES berlaku selama 20 tahun.

Saat ini, Pertamina terus meningkatkan eksplorasi hulu migas melalui beragam teknologi anyar, seperti teknologi unmanned aerial vehicle (UAV) menggunakan pesawat terbang tanpa awak hingga teknologi kebumian vibroseis di area subvulkanik.

Temuan Sebelumnya di Blok yang Sama

Diberitakan sebelumnya, PHE OSES sebelumnya juga berhasil menemukan cadangan migas baru di Blok Offshore Southeast Sumatra. Hal itu diumumkan Pertamina usai menyelesaikan pengeboran Sumur Eksplorasi Fanny-2. 

“Penemuan minyak dan gas dari sumur Fanny-2 ini adalah bukti bahwa ide baru, semangat baru dalam mengerjakan lapangan tua (brown field) seperti halnya blok OSES, memberikan hasil yang positif,” ucap Direktur Eksplorasi Subholding Upstream Pertamina, Medi Kurniawan, Rabu 18 Agustus 2021. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya