BRIN Siapkan 2 Organisasi Riset Kesehatan dan Pangan

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko
Sumber :
  • Antara

VIVA – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bakal memperkuat ekosistem riset dan inovasi bidang kesehatan dan pangan untuk ketahanan dan kemandirian bangsa Indonesia. Salah satu upaya yang tengah disiapkan adalah menyiapkan pembentukan dua organisasi riset (OR), yakni OR Kesehatan dan Gizi dan OR Pangan dan Pertanian.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

"Diharapkan kedua OR ini dalam waktu dekat sudah bisa disiapkan, sehingga kegiatan lanjutan riset dan inovasi bidang kesehatan dan pangan bisa terus berjalan dengan baik," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam acara virtual Gelar Riset dan Inovasi Bidang Kesehatan dan Pangan 2021 di Jakarta, Selasa, 30 November 2021.

Handoko menegaskan keberadaan kedua OR itu dinilai penting dalam memfokuskan dan meningkatkan riset dan inovasi di bidang kesehatan dan pangan ke depan. Kedua bidang atau sektor tersebut fundamental dalam pembangunan nasional.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Menurut Handoko, jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah menjadi salah satu pertimbangan penting bahwa sektor kesehatan dan pangan harus mendapat perhatian serius.

"Seluruh upaya untuk menuju ketahanan kesehatan dan pangan nasional yang tangguh harus mendapatkan perhatian dan dukungan serius," ujar Handoko.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Selaras dengan itu, BRIN mengemban tugas dalam mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, BRIN akan memberikan dukungan dan sekaligus memfasilitasi pelaksanaan kegiatan riset dan inovasi di bidang kesehatan dan pangan.

"Tantangan yang dihadapi untuk kedua bidang ini yakni membutuhkan penguatan ekosistem riset dan inovasi," ujarnya

BRIN terus berupaya menghasilkan produk hasil riset yang berkualitas khususnya bidang kesehatan dan pangan yang mampu menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

Di samping itu, transformasi proses bisnis dan manajemen riset perlu segera diwujudkan sehingga ekosistem riset dan inovasi yang kuat bisa terbangun terutama untuk bidang kesehatan dan pangan.

Handoko mengatakan pihaknya juga terus melakukan konsolidasi sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

BRIN juga mendorong pemanfaatan infrastruktur riset di bawah BRIN secara maksimal ke depan untuk memudahkan kegiatan riset dan inovasi sehingga bisa memperkuat ekosistem riset dan inovasi di Tanah Air, termasuk untuk bidang kesehatan dan pangan. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya