Tanam Padi Bareng Petani, Jokowi Ungkap Manfaat Bendungan

Presiden Jokowi tanam padi bersama petani di Jawa Timur.
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Bersama para petani, Presiden Joko Widodo melakukan penanaman padi di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Presiden pada kesempatan itu menyinggung kegiatan dia sebelumnya yakni meresmikan dua bendungan sekaligus yang tujuannya tentu meningkatkan produksi pertanian.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Jokowi menyebut, manfaat bendungan nanti diharapkan bisa menambah lagi waktu masa panen bagi petani yang banyak menanam padi dan tanaman palawija.

“Sehingga produktivitas setiap hektare yang ada di kabupaten Trenggalek ini bisa naik secara drastis,” kata Jokowi di lokasi penanaman padi, Selaa 30 November 2021.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Presiden Jokowi usai menanam padi bersama petani.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Lahan seluas 75 hektare- tempat Presiden menanam padi, disebutkan nanti air dari bendungan bisa mengairi sawah yang ada di sana. Secara keseluruhan, Presiden juga menyebut, hasil produksi beras di Jawa Timur yang jumlahnya 5,7 juta ton. Jumlah itu dikatakan telah memenuhi kebutuhan beras di Provinsi Jawa Timur. 

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

“Kita tahu bahwa tahun ini, tahun 2021, sampai hari ini kita belum melakukan impor beras sama sekali. Dan kenyataannya stok kita masih pada posisi yang sangat baik,” kata dia. 

Jokowi meyakini, pembangunan bendungan yang sudah beroperasi dan akan terus bertambah nantinya tentu membawa dampak positif. Presiden pula mendengar keluhan para petani mengenai pupuk dan alat produksi. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo segera menindaklanjuti aspirasi dari petani. 

“Ini mulai kelihatan hasil dari produktivitas kenaikan di petani sehingga memunculkan total produksi di seluruh Tanah Air ini menjadi merangkak naik,” ucapnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya