Dorong Go Global, BRI Gelar UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2021

Direktur Utama BRI, Sunarso.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI kembali menggelar pameran virtual "UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2021", sebagai wadah bagi industri kreatif Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia agar tembus pasar global.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, dengan kondisi ekonomi Indonesia dan dunia yang saat ini sudah mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19, maka penyelenggaraan acara ini diharap dapat menjadi momentum kebangkitan sektor UMKM sebagai penyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Pameran virtual UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2021 ini merupakan komitmen kami di BRI sebagai agen pengembangan UMKM, yang ikut bertanggung jawab terhadap kemajuan UMKM di Indonesia," kata Sunarso dalam telekonferensi, Rabu 1 Desember 2021.

Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul Vehicle Declaration dalam Sistem CEISA 4.0

Sunarso mengaku melihat peluang besar bagi produk-produk hasil produksi para UMKM tersebut, untuk bisa masuk ke pasar global. Sebab, produk-produk para UMKM itu umumnya telah memiliki kualitas produk yang berdaya bersaing tinggi, untuk berkompetisi dengan produk pesaing dari negara-negara lain.

Dia bahkan memastikan bahwa BRI juga akan membimbing para UMKM itu secara berkelanjutan, agar produk yang mereka hasilkan bisa mencapai standar internasional. 

Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI

Tujuannya tak lain adalah agar UMKM-UMKM tersebut bisa benar-benar melakukan penetrasi pasar, dan menjangkau global market yang lebih luas bagi produk-produknya tersebut.

"Di mana nanti salah satu pembahasan yang akan diangkat di UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2021 ini bakal mencakup bidang pemasaran global dan ekspor barang, serta prosedur legal dan administrasi ekspor produk ke mancanegara," ujarnya.

BRI Dorong Pelaku UMKM Memiliki Nomor Induk Berusaha.

Photo :
  • Dok. BRI

Diketahui, rangkaian acara "UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2021" ini rencananya akan berlangsung pada 1-16 Desember 2021. Pameran yang akan menjadi bazar virtual terbesar dan selama ini diselenggarakan oleh BRI tersebut, kali ini bakal mengusung tema 'Dari Indonesia untuk Dunia'.

Kabarnya, total jumlah peserta yang akan ikut berpartisipasi dalam acara "UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2021" ini telah mencapai 500 UMKM, yang sebelumnya telah dipilih melalui serangkaian proses kurasi.

Seperti tahun sebelumnya, pameran virtual ini juga akan menghadirkan sensasi pameran nyata di dunia maya, sekaligus memberikan pengalaman 3D kepada pengunjung. 

Selain itu, pameran virtual ini juga akan menampilkan konsep thematical outdoor, yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia yaitu Raja Ampat, Borobudur, Toba, Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya