Medco E&P Kembali Pasok Gas ke Pupuk Sriwijaya dan Teken LoA

ilustrasi industri migas.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) kembali memasok gas bagi PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang. Hal ini disebut sebagai dukungan terhadap industri domestik, ditandai dengan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) antara kedua perusahaan di acara acara The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil & Gas 2021 (IOG) di Bali.

Rukun Raharja Cetak Laba Bersih US$8 Juta di Kuartal I-2024

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama Medco E&P Ronald Gunawan dengan Direktur Utama Pusri Tri Wahyudi Saleh, disaksikan secara daring oleh Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan secara langsung oleh Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman.

Direktur Utama Medco E&P Ronald Gunawan mengatakan, penandatanganan ini merupakan bukti komitmen untuk turut memenuhi kebutuhan gas domestik. 

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

"Oleh karena itu, Perusahaan berharap dapat terus memperoleh dukungan dari semua pihak saat menjalankan aktivitas eksplorasi dan produksi migas pada area Operasi Medco,” ujarnya dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu 1 Desember 2021.

Sumber gas PJBG dipasok dari lapangan-lapangan di Blok South Sumatera, Sumatera Selatan. Perjanjian berlaku sejak tanggal dimulainya pengaliran gas sampai dengan November 2033 atau sampai dengan berakhirnya Total Jumlah Kontrak sesuai perjanjian. Jumlah penyerahan harian gas mulai dari sebesar 15 BBTUD ramp down hingga 5 BBTUD.

Turun 12,76 Persen, BPS Catat Kinerja Impor Maret US$17,96 Miliar Gegara Ini

Selain penandatanganan PJBG itu, Medco E&P juga menandatangani beberapa Letter of Agreement (LoA) dengan beberapa perusahaan domestik lain terkait penyesuaian harga atas volume kontrak gas. 

LoA Harga Gas

Pada acara yang sama, Medco E&P menandatangani LoA sebagai upaya mendukung implementasi Keputusan Menteri ESDM RI tentang Harga Gas yaitu di Sumatera Selatan dengan pembeli gas PT MEPPO-GEN dan Perusahaan Daerah Mura Energi.

Sementara di Jawa Timur, Medco Energi Sampang Pty Ltd. dengan PT Indonesia Power untuk Lapangan Wortel dan Oyong, sedangkan Medco Energi Madura Offshore Pty. Ltd. melakukan penandatanganan dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk untuk gas Lapangan Maleo dan Meliwis. 

Penyesuaian harga atas volume gas tersebut tidak memengaruhi pendapatan Medco E&P, porsi pendapatan akan tetap sama melalui mekanisme kompensasi dari bagian pendapatan negara pada tahun berjalan (kept whole).

Dalam acara yang sama, Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) melalui lima anak perusahaannya meraih tujuh penghargaan dari SKK Migas. Kelima Perusahaan tersebut berhasil meraih penghargaan di beberapa bidang.

Kelima anak perusahaan itu adalah PT Medco E&P Indonesia di Bidang Pengendalian Pengadaan, Medco E&P Simenggaris Pty. Ltd. di Bidang Pengendalian Pengadaan, JOB Pertamina – Medco E&P Tomori peroleh dua penghargaan, Medco E&P Natuna Ltd. juga memperoleh dua penghargaan. Sementara  Medco Energi Sampang Pty Ltd memperoleh penghargaan di bidang Operasi..

Direktur Utama Medco E&P Ronald Gunawan menuturkan, bukti upaya dalam mengimplementasikan Operational Excellence untuk memenuhi target yang ditetapkan Pemerintah dan mendukung upaya SKK Migas dalam mengejar target produksi 1 juta BOPD dan 12 BSCFD pada 2030. 

“Prestasi ini dapat kami peroleh berkat dukungan SKK Migas dan pemangku kepentingan serta kerja keras pekerja Medco E&P yang secara berkelanjutan melakukan perencanaan dan eksekusi yang optimal dengan mengutamakan keselamatan kerja serta kelestarian lingkungan,” ujar Ronald Gunawan.

Berikut daftar penghargaan yang diterima:
1. Medco E&P Natuna Ltd.:  Peringkat Pertama Bidang Operasi (Operational Excellence Achievement - Kategori 10 – 50 Ribu BOEPD).
2. Medco E&P Natuna Ltd.: Peringkat Pertama Bidang Perencanaan (The Most Optimum Planning & Realization).
3.JOB Pertamina – Medco E&P Tomori: Peringkat Pertama Bidang Keuangan dan Monetisasi - The Best Financial Performance.
4. PT Medco E&P Indonesia: Peringkat Kedua Bidang Pengendalian Pengadaan (The Best SCM WP&B 2020: >USD 300 Juta ).
5. Medco E&P Simenggaris Pty. Ltd.: Peringkat Kedua Bidang Pengendalian Pengadaan (The Best SCM WP&B 2020: 6.Medco Energi Sampang Pty Ltd: Peringkat Kedua Bidang Operasi (Operational Excellence Achievement - Kategori di bawah 10 Ribu BOEPD).
7.JOB Pertamina – Medco E&P Tomori: Peringkat Ketiga Bidang Operasi (Operational Excellence Achievement Kategori di atas 50 Ribu BOEPD).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya