Luhut Beberkan Progres Pengembangan 5 DPSP, Ada 101 Isu

Foto area Kuta Beach Park the Mandalika di kawasan KEK Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu, 24 Februari 2019.
Foto area Kuta Beach Park the Mandalika di kawasan KEK Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu, 24 Februari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, memaparkan bahwa ada lima fokus utama yang menjadi pembahasan dalam Rakornas Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

"Antara lain progres penyelesaian 101 isu. Jadi kami sudah inventarisasi, isunya ada 101, dan fokus pengembangannya di tahun 2022 nanti," kata Luhut dalam telekonferensi usai Rakornas Pengembangan 5 DPSP, Rabu 1 Desember 2021.

Kemudian pembahasan selanjutnya adalah soal percepatan investasi dan penerapan ekonomi biru, ekonomi hijau, dan ekonomi sirkular.

Dia mencontohkan, misalnya pembahasan yang dilakukan dengan Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah. Yang meminta agar mereka bisa juga mengembangkan energi hijau dengan memanfaatkan geothermal, solar panel, dan lain sebagainya.

"Jadi saya kira sangat menarik," ujarnya.

Baca juga: Alasan Sri Mulyani Potong Anggaran MPR: Fokus Bantu Rakyat Miskin

Sementara pada pembahasan dengan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Luhut menyampaikan bahwa telah dilaporkan progres berupa penyiapan banyak fasilitas bagi turis mancanegara di Manado.