Dirjen Pajak Ungkap Jurus Cegah Pegawainya Jadi Koruptor

Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVAnews

VIVA – Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo mengungkapkan, jurus yang akan dia tempuh dalam mencegah terjadi lagi para pegawai atau pejabat Ditjen Pajak menjadi koruptor.

Terpopuler: Mobil Pejabat Terkaya Versi LHKPN, Pemotor Emak-emak Berulah di Luar Negeri

Saat memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Harkodia) 2021, dia menegaskan, komitmen integritas para pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) perlu dibangun untuk memperkuat pajak tanpa korupsi.

"SDM (Sumber Daya Manusia) yang berintegritas merupakan salah satu pilar dalam Reformasi Perpajakan," kata dia di Kantor Pusat DJP, Kamis, 2 Desember 2021.

Top Trending: Naik Bus Hantu dari Lampung ke Bekasi, Pimpinan Aolia Mbah Benu Beri Klarifikasi

Dia pun memastikan, DJP di bawah kepemimpinannya tidak menoleransi segala bentuk penyimpangan dalam mencapai reformasi perpajakan. Oleh sebab itu, budaya korupsi harus segera dihilangkan.

Gedung Direktorat Jenderal Pajak

Photo :
  • panoramio
Viral Seorang Pejabat Terekam Sedang Duel dengan Macan, Hal Ini yang Terjadi

"Melalui Reformasi Perpajakan yang tercapai dengan baik, pajak akan menjadi kuat, sehingga pembiayaan pembangunan dapat berjalan dengan baik pula," tuturnya.

Adapun jurus dalam memperkuat integrasi pegawai dan menyelesaikan masalah korupsi ini dikatakannya, dilakukan melalui implementasi Zona Integritas-Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Baca juga: RI Presidensi G20, Konsumsi Domestik Bisa Naik Rp1,7 Triliun

"Perilaku yang mengkhianati integritas merupakan isu yang perlu diselesaikan dan ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan," tegas Suryo.

Kemudian, melakukan public campaign untuk internal maupun eksternal DJP. Dengan upaya publikasi dan kampanye komitmen antikorupsi dari seluruh pegawai di kantor pajak.

DJP ditegaskannya juga memanfaatkan Whistle Blowing System, memperkuat program Knowing Your Employee dan pengawasan pelaksanaan proses bisnis oleh atasan langsung.

Selain itu, dia melanjutkan, juga dilakukan dengan internalisasi corporate value hingga penandatanganan Komitmen Integritas Pimpinan Komitmen Integritas Pimpinan ditandatangani oleh setiap Pimpinan Unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya