Kepala Bappenas Ungkap Rencana Besar Transformasi Ekonomi Bali

Ilustrasi wisata Bali.
Ilustrasi wisata Bali.
Sumber :

VIVA – Menghadapi dampak Pandemi COVID-19 yang telah membuat ekonomi Bali terkontraksi hingga minus 9,31 persen membuat pemerintah pusat melakukan transformasi konsep ekonomi Bali.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengungkapkan rencana pemulihan Balli melalui Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali dan Master Plan Pengembangan Kawasan Pariwisata Ulapan. 

"Bali sebagai barometer Indonesia di mata dunia harus segera pulih dan bangkit serta harus bertransformasi menjadi Bali era baru," kata dia di Bali, Jumat, 3 Desember 2021.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Photo :
  • Bappenas

Suharso menekankan, transformasi ekonomi Bali ini dilakukan menggunakan enam strategi besar yang menyelaraskannya dengan nilai-nilai filosofi kearifan lokal Sat Kerthi.

Untuk itu, strategi utama adalah dengan mendorong produktivitas masyarakat Bali yang selama ini rendah akibat tingginya penyebaran TBC dan HIV, kematian bayi tinggi dan pendidikan tenaga kerja mayoritas SMP ke bawah.

"Sehingga berdampak pada rendahnya produktivitas. Dengan strategi bali pintar dan sehat Bali akan punya SDM yang sehat, cerdas, berkarakter, kuat, inovatif dan memiliki kemampuan inovasi yang tinggi," tegas dia.