Cara Menaker Perluas Kesempatan Kerja

Menaker Ida Fauziyah.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemnaker.

VIVA – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengakui, sektor ketenagakerjaan menjadi yang paling terdampak dari pandemi COVID-19. Banyak industri yang terpasa membatasi produksi yang berimbas terhadp PHK. 

Posko THR Lebaran 2024 Ditutup, Kemnaker Ungkap Jumlah Aduan Menurun dari Tahun Sebelumnya

Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan pengangguran meningkat dan naiknya angka kemiskinan. Ia menjelaskan, berbagai program dilakukan Kemnaker dalam membantu masyarakat. 

"Salah satunya program untuk perluasan kesempatan kerja melalui bantuan TKM (tenaga kerja mandiri)," katanya dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat 3 Desember 2021.

RKP 2025 Sudah Disusun dengan Prioritaskan Program Prabowo-GIbran, Ini Rinciannya 

Menaker, Ida Fauziyah (kanan)

Photo :
  • Kemnaker.

Kemnaker, lanjut Ida, menggelar Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Expo Republik Kreatif 2021 dalam rangka mendorong pengembangan potensi usaha agar dapat mempromosikan produknya ke lingkungan yang lebih luas.

10 Kota Terbaik di Dunia untuk Jadi Tujuan Kerja Jarak Jauh

"Melalui pelaksanaan TKM Expo ini bisa semakin memajukan usaha para wirausahawan yang telah mendapatkan program bantuan TKM," ujar Ida.

Ida mengatakan, hal yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini adalah kreativitas, inovasi, dan keterampilan serta imajinasi dalam memproduksi barang atau jasa.

"Oleh karena itu sangat penting untuk terus menciptakan lapangan kerja yang baru di saat orang sedang sibuk mencari lowongan kerja," terangnya.

Pelaksana harian (Plh) Direktur Jenderal Binapenta dan PKK Kemnaker Haiyani Rumondang menjelaskan tujuan, TKM Expo ini yaitu sebagai wadah untuk menyaring saran, masukan, serta dukungan dalam mencapai keberhasilan program perluasan kesempatan kerja.

"Dari TKM Expo ini dapat mengukur tingkat keberhasilan dan mengenali hambatan dalam pelaksanaan program-program perluasan kesempatan kerja sebagai bahan penyempurnaan dimasa yang akan datang," kata Haiyani.

Sebagai informasi, pada kesempatan tersebut Ida juga menyerahkan bantuan program perluasan kesempatan kerja tahun 2021 kepada TKM Pemula, Lanjutan dan Padat Karya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya